Bangka Tengah Promosikan Potensi Daerah Melalui Event Kaolinpirasi Festival 2019

faisal
Bangka Tengah Promosikan Potensi Daerah Melalui Event Kaolinpirasi Festival 2019
Kaolinspirasi Festival 2019, (Foto: BBR)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah akan menggelar event pariwisata dan budaya bertajuk Kaolinpisrasi Festival 2019 di Danau Kaolin, Desa Nibung, Kecamatan Koba pada 16 Desember 2019.

Event yang bertajuk Menuju Destinasi Unggul di Bangka Tengah dan Indonesia tersebut bertujuan untuk memperkenalkan sektor pariwisata di Bangka Tengah serta menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kepala Dinas Disbudparpora Bangka Tengah, Zainal mengatakan puncak event pariwisata dan budaya di akhir tahun 2019 yakni perhelatan Kaolinpisrasi Festival 2019.

"Dalam event Kaolinpisrasi Festival 2019 nanti ada beragam lomba, mulai dari festival band lagu daerah, lomba lari perorangan 3k, lomba lari kreasi 3k, makan mie koba, foto contest, penanaman pohon dan pemeriksaan kesehatan gratis,"ujarnya kepada Babelreview, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan yang di selenggarakan oleh beberpa OPD tersebut digelar selama satu hari dan menyediakan hadiah puluhan juta rupiah untuk berbagai lomba.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Selain dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mendongkrak penjualan potensi pariwisata Kabupaten Bangka Tengah sehingga menjadikan daerah sebagai destinasi terkemuka secara nasional, terutama wisata danau kaolin yang sudah dinobatkan sebagai peringkat tiga wisata unik se Indonesia dalam ajang API Award 2019,"jelasnya.

Zainal menerangkan, sektor pariwisata merupakan sektor prioritas yang sedang di bangun oleh Pemkab Bangka Tengah, sebab itu dengan adanya kegiatan ini bisa menggali dan mengkspose potensi wisata di Bangka Tengah selain melestarikan wisata budaya dan kulinernya.

"Lewat festival ini, kita buat terintegrasi dari lokasi destinasi wisatanya, lagu daerahnya, budayanya serta makanan khas daerahnya sehingga diharapkan dapat makin mengenalkan kekayaan dan potensi pariwisata kita,"tuturnya.

dirinya menargetkan, setelah event ini, pada 2020 nanti akan diwacanakan even serupa dan saat ini sedang menyusun Calender of Event 2020.

“Saat ini kita juga sedang menyusun Calender of Event 2020, tentunya dengan melibatkan semua potensi daerah. Ini merupakan wujud komitmen kami untuk mengembangkan sektor pariwisata di Bangka Tengah,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor    : Admin03

Sumber : Babel Review