PT Timah Gelar Workshop Jurnalistik Pertimahan

kasmirudin
PT Timah Gelar Workshop Jurnalistik Pertimahan
Workshop Jurnalistik Pertimahan di Gedung Graha Timah, Jumat (1/6/2018).(foto:irwan)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- PT Timah bersama Komunitas Jurnalis Desk Timah menggelar Workshop Jurnalistik Pertimahan, Jumat (1/6/2018) di Gedung Graha Timah.

Workshop bertajuk “Mewujudkan jurnalisme handal untuk kemajuan industri pertimahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” ini diisi oleh narasumber praktisi pertambangan Ichwan Azwardi Lubis, Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong dan dimoderatori oleh Pemimpin Redaksi Bangka Pos.

Dalam paparannya Ichwan Azwardi Lubis membahas pengelolaan usaha pertambangan timah, mulai dari alur penambangan timah, penyusunan rencana kerja dan anggaran biaya, hingga ekspor logam timah.

Menurut Ichwan, berdasarkan regulasi pertambangan, sebuah perusahaan dalam mengelola usaha pertambangan harus mengutamakan kesejahteraan masyarakat lokal dan mengangkat potensi lokal. Apalagi perusahaan memiliki kewajiban menjalankan corporate social responsibility (CSR).

“Manfaat besar timah dalam regulasi yang ada sekarang ini ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat. Permasalahan yang muncul adalah birokrasi perizinan yang ujungnya biaya,” paparnya.

Dirinya berharap sektor pertambangan seharusnya dapat bersinergi dengan sektor lain seperti pariwisata dan parikanan.

“Harapan saya juga dengan kaqan-kawan jurnalis ini dapat mengontrol semua praktek pertambangan sehingga melahirkan masukan yang baik bagi perusahaan dan pemerintah,” harapnya. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview