PT Timah Lepas Ratusan Anakan Cumi di Pantai Tikus Emas

Irwan
PT Timah Lepas Ratusan Anakan Cumi di Pantai Tikus Emas

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – PT Timah melepaskan ratusan anakan cumi yang menjadi bagian dari restocking cumi di Pantai Tikus Emas, Kabupaten Bangka, Minggu (11/4/2021).

Restocking cumi ini merupakan upaya PT Timah dalam melaksanakan reklamasi laut, kegiatan ini dikembangkan dengan konsep anak cumi yang dilepaskan berasal dari telur cumi yang menempel pada fish shelter yang ditenggelamkan PT Timah, setelah itu ditetaskan di wadah terkontrol yang telah disiapkan, setelah menetas anakan cumi ini kembali dilepaskan ke laut.

Restocking cumi perlu dilakukan lantaran, telur cumi yang menempel di fish shelter rentan untuk dimangsa predator sehingga tidak bisa menetas dan/atau tingkat mortalitasnya tinggi.

Untuk itu, perlu dilakukan restocking cumi sehingga telur cumi bisa menetas dan populasi cumi bangka semakin meningkat.

Dalam melaksanakan restocking cumi, PT Timah bekerjasama dengan Universitas Bangka Belitung dan Yayasan Sayang Babel Kite.

Dalam melaksanakan reklamasi laut ini, PT Timah juga bekerjasama dengan masyarakat nelayan.

Kegiatan restocking cumi ini diapresiasi oleh Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kasi Perlindungan Lingkungan dari Kementerian ESDM, Jajat Sudrajat.

Menurut Jajat restocking ini merupakan program berkelanjutan yang masih dalam satu siklus program dari reklamasi laut yang dilakukan PT Timah.

“Telur cumi yang diambil dari lokasi fish shelter yang sebelumnya ditenggelamkan PT Timah, kemudian ini ditetaskan di darat, lalu dilepaskan lagi ke laut. Ini satu cycle program reklamasi yang dilakukan secara continue. Ini hal yang sangat baik, mungkin ini pertama di Babel bahkan di Indonesia dan kita apresiasi kepada PT Timah dan tim,” katanya saat menghadiri pelepasan anak cumi.

Ia berharap, melalui program ini nantinya dapat berlanjut dan ini bisa menjadi contoh sinergisitas antara penambangan, pariwisata, dan kelautan perikanan.

“Kita berharap ini bisa dilakukan secara continue dan terus berkembang, kita apresiasi juga tim akademisi yang telah turut melaksanakan ini dan juga pengusul KEK yang telah bersedia anakan cumi dilepaskan di kawasan ini,” sebutnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3