PT Timah Tanam 2.295 Pohon Buah dan Cemara Laut di Lahan Bekas Tambang

Irwan
PT Timah Tanam 2.295 Pohon Buah dan Cemara Laut di Lahan Bekas Tambang

BANGKA SELATAN, BABELREVIEW.CO ID– Sebagai perusahaan pertambangan yang menerapkan Good Minning Practice (GMP) PT Timah terus memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan.

Salah satu tanggungjawab lingkungan yang dilakukan emiten berkode TINS ini ialah melakukan reklamasi lahan bekas tambang sesuai peruntukkannya.  
 
PT Timah melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang dengan melakukan revegetasi atau penanaman dan melakukan reklamasi dalam bentuk lainnya.

Kali ini, di Kawasan lahan bekas tambang yang terletak di Air Nanas 3 Kecamatan Toboali, Bangka Selatan ini PT Timah melaksanakan reklamasi dengan melakukan penanaman pohon.  
 
Sebanyak 2.295 tanaman buah-buahan dan cemara laut ditanam di lahan bekas tambang seluas 7,5 hektar yang terletak di Desa Gadung dan Keposang.

Adapun rincinan tanaman yang ditanaman yakni Alpukat sebanyak 390 tanaman, Mente sebanyak 390 tanaman, Sirsak sebanyak 390 tanaman dan Cemara Laut sebanyak 1.125 batang.  
 
Dalam melaksanakan reklamasi ini PT Timah melibatkan tiga kelompok tani dari Desa Gadung dan satu Karang Taruna dari Desa Keposang.

PT Timah dalam kegiatan reklamasinya kerap melibatkan kelompok tani di sekitar tambang dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup.  
 
Kegiatan Penanaman Pohon yang bertajuk ‘Melalui Pelaksanaan Reklmasi Pascatambang Mari Bersama Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Pengendalian Lingkungan Hidup Khususnya di Bangka Selatan’ dilaksanakan di lahan bekas tambang.
 
Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan reklamasi ini dilaksanakan seluruh wilayah operasional perusahaan baik di darat maupun di laut.  
 
Tanaman buah sengaja dipilih dengan harapannya nanti bisa dimanfaatkan masyarakat bersama kelompok tani dan dapat memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat.  
 
“Reklamasi yang dilakukan PT Timah dilaksanakan dalam beberapa bentuk, salah satunya penanaman ini. Kita pilih tanaman buah-buahan agar nantinya ini bisa dimanfaatkan masyarakat dan kalau digarap secara serius dan berhasil tentunya ini akan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

  • Halaman
  • 1
  • 2