Puluhan Organisasi Gelar Aksi Galang Donasi Bersama untuk Palestina

Kasmirudin
Puluhan Organisasi Gelar Aksi Galang Donasi Bersama untuk Palestina
Puluhan organisasi yang tergabung di Lintas Organisasi se-Bangka menggelar Aksi Galang Donasi Bersama untuk Palestina di sejumlah titik seperti perempatan lampu merah, pasar, pantai, masjid dan desa se- Kabupaten Bangka, Minggu (23/5/2021).

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Perang Gaza yang berlangsung selama 11 hari telah menelan korban jiwa sebanyak 232 orang dari pihak Palestina, di antaranya 65 anak kecil dan 39 perempuan serta 1.900 orang luka-luka. Dari pihak Israel 12 orang dinyatakan tewas dan 600 orang luka-luka. Hal ini membuat Lintas Organisasi se-Bangka menggelar Aksi Galang Donasi Bersama untuk Palestina, Minggu (23/5/2021).

Selama satu minggu sebanyak 40 organisasi yang tergabung di Lintas Organisasi se-Bangka menggelar Aksi Galang Donasi Bersama untuk Palestina di sejumlah titik seperti perempatan lampu merah, pasar, pantai, masjid dan desa se- Kabupaten Bangka.

Puluhan Organisasi yang ikut bersama Aksi Bangka Bela Palestina Lintas Organisasi tersebut terdiri dari MRI Bangka, KAMMI Komisariat Sepintu Sedulang ,Becak Babel, Shaka Bhayangkara Bangka, Irmas Al Ittihad Sungailiat Bangka, NKK Belinyu, BEM Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, LDK Al Farizi Polman Babel, Irmas Gunung Muda Belinyu, Generasi Bangka Mengabdi, Himara Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka,  MAN 1 BANGKA, PRM Kimak, BUMDES Sempan, Risma Sempan, Karang Taruna Sempan, SMAN 1 BELINYU, SMAN 1 Mendo Barat, Bangka Ladies Beat, Tanlar Management Belinyu, Bikers Subuhan Sungailiat, Komunitas Bahasa Bangka, Bravo, SMKN 2 Sungailiat, KOSET REBEL, Pemdes Pangkalniur, Karang taruna Pangkalniur, Bumdes Maras Makmur, DKR Riau Silip, IRMAS Pangkalniur, Forum Nelayan Sunur Lestari, Rumah Zakat, BPD Pangkalniur, PRM Nurul Ihsan Air kura-Kura Desa Cit, Irmas Bukit Betung, Irmas RSS Pemda, serta relawan.

Zika, Kordinator Aksi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan keberpihakan terhadap rakyat Palestina, mengajak masyarakat untuk berdonasi untuk membantu warga Palestina.

"Kita tidak perlu menjadi seorang muslim, kita cukup menjadi manusia saja untuk bisa peduli terhadap Palestina. Mari kita menginfakkan dan sedekah untuk sama-sama membantu saudara kita di Palestina. Bantuan ini sebagai bentuk solidaritas bagi warga Palestina korban konflik berkepanjangan atas agresi Israel," kata Zika.

Ia mengakui, kondisi perekonomian Indonesia masih lesu akibat pandemi Covid-19. Justru, katanya, bersedekah saat dalam kesulitan sulit itulah sedekah yang paling baik. Hasil donasi masyarakat Kabupaten Bangka untuk Palestina akan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bangka. Hal ini sesuai dengan penyampaian Kemensos sebagai lembaga yang secara legalitas sah dalam penyaluran, untuk aksi galang donasi, sementara itu di Bangka kita sudah mengantongi izin dari Dinas Sosial Bangka,” tukasnya.

Sementara itu, Kendedi, Koordinator Lapangan Aksi Galang Dana menjelaskan, Galang Donasi Lintas Organisasi se- Kabupaten Bangka ini sebagai wujud kepedulian masyarakat Kabupaten Bangka terhadap rakyat Palestina.

“Berangkat dari sejarah bahwa Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, sepatutnya kita membantu saudara kita di Palestina,” imbuhnya.

Kegiatan Ini akan dilanjutkan dengan Sholat Gaib, Tabligh Akbar, Doa Bersama dan Pernyataan Sikap Lintas Organisasi Se Bangka di Masjid Al Ittihad Sungailiat.

"Selama kegiatan kita tetap mematuhi Prokes Covid 19. Kami juga mengajak seluruh masyarakat yang ingin berdonasi bisa ke Rek a. n Aksi Cepat Tanggap ke : BNI / BNI Syariah # 88 0000 2329 Sumselbabel # 1443 0700 72, Muamalat # 3730 00 9973, Mandiri # 1270 0103 1091 8, BSM # 7061 3374," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir