Puluhan PIP Illegal Pesta Pora di Perairan Mengkubung, Tak Mampu Ditertibkan

Admin
Puluhan PIP Illegal Pesta Pora di Perairan Mengkubung, Tak Mampu Ditertibkan

Laporan : Edho
Editor : Tim Jobber

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Mengkubung oh Mengkubung. Perairan ini seakan menjadi surganya aktivitas tambang timah illegal. Meski sudah seringkali diberitakan awak media, namun tak pernah bisa ditertibkan. Ada kesan bahwa aparat penegak hukum (APH) kalah sakti dengan pemilik ataupun para beking yang meggasak laut Mengkubung. Buktinya, sampai sekarang, bagaikan tak pernah surut, puluhan PIP kembali berpesta pora di Laut Mengkubung.

Pantauan media ini, puluhan armada ponton isap produksi terlihat memadati perairan dekat Pulau Mengkubung, Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Puluhan ponton isap produksi itu nampak bekerja mencari timah di dasar laut Mengkubung, Kamis (16/11/2023) siang. Salah satu warga Kiki yang kerap pergi ke laut mengatakan, rombongan penambang ponton isap itu mulai memadati perairan dekat Pulau Mengkubung itu sejak dua hari belakang.

"Sudah dua hari ini kelihatan banyak ponton disitu. Setelah batu hitam sepi. Itu pada kerja kan? Masih dekat lah dengan Pulau Mengkubung itu. Tapi nggak tahu lah punya siapa," kata Kiki kepada Tim Jobber (Journalis Babel Bergerak).

Beberapa hari belakang memang perairan Batu Hitam Mengkubung kerap diberitakan lantaran penambangan timah yang diduga ilegal, dan mendapat penolakan dari oknum tertentu. Bahkan beritanya pun ramai di sejumlah media siber.

Hingga berita ini diturunkan, masih diupayakan konfirmasi kepada pihak keamanan setempat. Kasat Polairud Polres Bangka Iptu Andi Hendarwanto saat dikonfirmasi via pesan WhatsAppnya pun belum menjawab. (Tim JB/BBR).