Puluhan Siswa SD Di Belitung Timur Menangis Massal

Ahada
Puluhan Siswa SD Di Belitung Timur Menangis Massal
Sebanyak 100 siswa-siswi SD dan ibunya di Kota Manggar Kabupaten Belitung Timur mengikuti kegiatan ‘Membasuh Kaki Ibu’ dalam memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019, di kawasan wisata Pantai Serdang, Manggar. (Foto: Vera)

MANGGAR, BABEL REVIEW.CO.ID – Puluhan pasang mata siswa-siswi SD dan ibunya di Kota Manggar terlihat sembab usai mengikuti kegiatan ‘Membasuh Kaki Ibu’ dalam memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019.

Para ibu dan siswa-siswi SD sebanyak 100 orang itu diundang hadir dan mengikuti prosesi peringatan Hari Ibu di kawasan wisata Pantai Serdang, Manggar.

Para ibu duduk di kursi, sedangkan murid-murid membasuh kaki ibu mereka masing-masing dengan air yang dicampur bunga pada sebuah baskom.

Melihat anak-anak membasuh kaki ibunya masing-masing, tidak sedikit di antara mereka ada yang meneteskan air mata dan memeluk anak-anaknya dengan erat.

Moment haru ini disaksikan Staf Ahli Pemkab Beltim Yenny, gabungan organisasi wanita di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan para undangan yang hadir.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara menanamkan karakter yang baik melalui kebersamaan ibu dan anak. Anak-anak harus dididik sejak dini untuk menghormati orangtua dan menghargai jerih payah ibu dalam mendidik, merawat dan membesarkan putra-putrinya,” ujar Siti Khodijah selaku guru di TK/PAUD Seroja, Manggar.

Ia juga mengungkapkan rasa harunya dengan aksi yang dilakukan siswa-siswi ini karena dapat meningkatkan akhlak mulia seorang anak kepada ibunya yang layak dijadikan contoh bagi siswa-siswi lain.

“Momentum ini merupakan bentuk kasih sayang anak terhadap ibunya dan contoh bagi generasi muda,” ujar Siti Khodijah yang juga ketua LSM P2H2P Beltim.

Salah seorang panitia penyelenggara acara kegiatan, Harima Talafudin mengatakan tiap tanggal 22 Desember kita memperingati Hari Ibu yang merupakan momentum kebangkitan bangsa dan gerakan perjuangan kaum perempuan.

“Melalui momentum Hari Ibu, kaum perempuan bersyukur memiliki akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya ekonomi, sosial, budaya, politik dan di berbagai bidang,” ungkap Harima.

 Dalam peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 ini, tema yang diangkat yakni “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Gabungan organisasi wanita di Kabupaten Beltim sangat antusias menggelar berbagai acara, antara lain membasuh kaki ibu, lomba makan donat dari anak ke ibu, lomba mengisi air ke dalam botol, lari dengan kaki tiga dan outbond bagi ibu-ibu.

“Kegiatan ini untuk menciptakan kedekatan ibu dan anaknya, ada ceramah dan lomba. Tujuannye supaye die (anak-anak) merasekan perjuangan orangtua untuk anaknye,” kata Harima.

Menurutnya kegiatan ini sangat bagus dan baru pertama kali dilaksanakan. Tahun depan akan dikemas secara kreatif dan inovatif.

Maksudnya, kata Harima, adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat tentang perspektif ‘Perempuan Berdaya” akan dapat dicapai oleh tiap perempuan sebagai bentuk kesetaraan dalam peran yang bertujuan mewujudkan harmoni antara perempuan dan laki-laki.

Ia juga berharap melalui ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’, ada peningkatan pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan, ada peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak agar lebih berkualitas serta ada sinergitas kerjasama dengan stakeholder dalam setiap program dan kegiatan. (BBR)

Penulis: Vera