Puskesmas Pangkalanbaru Rutin Vaksinasi Warga

Kasmirudin
Puskesmas Pangkalanbaru Rutin Vaksinasi Warga
Warga yang mengikuti vaksinasi serentak di Puskesmas Pangkalanbaru, Sabtu (26/6/2021). (Foto: Kasmir)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Puskesmas Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah melakukan vaksinasi serentak kepada warga yang tinggal di Kecamatan Pangkalanbaru. Vaksinasi serentak ini dalam rangkat HUT ke-75 Bhayangkara, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Puskesmas Pangkalbaru, dr. Puji Susanto mengatakan, vaksinasi massal serentak ini dilakukan di setiap kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah. Untuk Kecamatan Pangkalanbaru diadakan di dua Puskesmas yakni Puskesmas Pangkalanbaru dan Puskesmas Benteng.

“Vaksinasi massal kemarin diikuti 143 warga, 34 orang di antaranya mengikuti vaksinasi tahap kedua, sisanya baru mengikuti vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi massal ini diikuti warga yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pangkalanbaru, yang terdiri dari enam desa dan satu kelurahan,” kata dr. Puji, Senin (28/6/2021).

Menurut dia, untuk 109 warga yang mengikuti vaksinasi tahap pertama pada Sabtu (26/6/2021) lalu, akan divaksinasi tahap kedua setelah Lebaran Idul Adha bulan depan.

Sebelumnya pihak Puskesmas dibantu Bhabinkamtibmas sudah melakukan sosialisasi kepada warga, kalau vaksinasi Covid-19 itu tidak berbahaya dan halal. Sehingga warga dengan begitu antusias untuk datang ke Puskesmas untuk disuntik vaksinasi dan sebagian lagi ada yang dibawa Bhabinkamtibmas.

Namun tidak semua warga yang mau atau bisa disuntik vaksin, seperti warga yang memiliki penyakit jantung atau penyakit lain yang sudah parah dan ibu hamil. Sehingga tidak bisa dilakukan vaksinasi.

“Saya berharap, kedepannya semakin banyak warga yang mau disuntik vaksin. Karena jika target minimal 70 persen warga sekitar sudah divaksin, maka akan terbentuk kekebalan komunitas atau kelompok. Sehingga apabila ada warga yang tidak mau divaksin, maka dia sudah terlindungi oleh kelompok warga yang sudah divaksin,” terangnya.    

Selain itu juga pihak Puskesmas Pangkalbaru rutin mengadakan vaksinasi kepada warga yang digelar setiap dua kali dalam sepekan, yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Vaksinasi rutin ini sudah mulai dilakukan sejak Maret 2021.

Dokter Puji mengaku siap melayani masyarakat yang mau divaksin, sesuai dengan perintah Presiden Jokowi untuk percepatan penanganan penyebaran Covid-19.

“Selama dosis vaksinnya tersedia, kami siap melakukan vaksinasi kepada warga. Hanya saja tim vaksinator di Puskesmas Pangkalanbaru ini terbatas, karena kami juga rutin melayani kesehatan warga yang datang ke puskesmas setiap hari kerja,” tukasnya. (BBR)


Penulis: Kasmir

Editor  : Kasmir