Putera Maritim Indonesia Asal Babel Ajak Pemuda Kembangkan Potensi Bahari

Irwan
Putera Maritim Indonesia Asal Babel Ajak Pemuda Kembangkan Potensi Bahari
Muhammad Arinda Unigraha Utama, Runner Up 1 Putera Maritim Indonesia asal Bangka Belitung

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Muhammad Arinda Unigraha Utama yang merupakan Runner Up 1 Putera Maritim Indonesia asal Bangka Belitung mengatakan, bahwa pemuda-pemudi Bangka Belitung harus menjadi poros dan ujung tombak terdepan dalam pembaruan-pembaruan di era industrial 4.0.

Menurutnya saat ini peran sentral dalam pengembangan masyarakat masih di dominasi oleh pemuda.

Hanya saja terkadang pemuda melalui simpul-simpul komunitasnya masih memiliki visi lokal yang dampaknya masih kecil.

“Saat ini sudah waktunya percepatan pembangunan daerah harus dimotori oleh para pemuda selaku lokal champion. Tidak perlu bertindak jauh, cukup bertindak lokal dengan mengembangkan semangat kearifan lokal, namun visinya harus besar," ujar pemuda yang akrab disapa Inong ini, Kamis (29/10/2020).

Ia juga menyingung bahwa potensi kelautan dan pesisir masih jarang disentuh oleh generasi muda.

Padahal Bangka Belitung yg merupakan provinsi kepulauan masih memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk menjadi program-program unggul, seperti ekowisata berkelanjutan, pemeliharaan mangrove, terumbu karang, lamun, manajemen ekosistem dan jasa lingkungan dari laut, olahraga selam, seni bawah laut, atau sekedar pengelolaan sampah pesisir dan laut.

Bahkan bisa diarahkan ke teknologi, seperti wisata virtual bahari, dan ikut andil dalam pengembangan ketahanan bahari, serta kampanye-kampanye kemaritiman di tengah masyarkat.

Dalam momentun Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 ini, ia berharap agar pemuda-pemudi Bangka Belitung mau terus belajar, meneladani sejarah, tidak hanya sejarah sumpah pemuda dan pergerakan pemuda di awal-awal kemerdekaan, tapi juga mempelajari lebih dalam dan menyadari bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa Maritim yang besar sehingga juga harus mempersiapkan kapasitas kemaritiman pemuda-pemudinya.

“Pemuda-pemudi harus dapat menunjukan taringnya hingga ke kancah Internasional, karya-karya postifnya harus berdampak luas secara global. Tak lupa Ia mengajak putera-puteri Bangka Belitung yang merupakan daerah kepulauan untuk dapat terus menjaga laut dan potensi maritimnya. Berbagai potensi maritim harus mampu dipetakan, dikelola, dan diberdayakan oleh pemuda lokal agar bermanfaat bagi kehidupan yang berkelanjutan," tutupnya. (BBR)

Penulis: Ibnu

Editor: Irwan