Raih Keberkahan di Bulan Suci, ACT-MRI Babel Ajak Masyarakat ikut Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan

Kasmirudin
Raih Keberkahan di Bulan Suci, ACT-MRI Babel Ajak Masyarakat ikut Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan
ACT-MRI Babel kembali mengajak masyarakat ikut gerakan sedekah pangan Ramadhan. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H yang tinggal menghitung hari, untuk kedua kalinya masyarakat harus merasakannya di tengah suasana pandemi Covid-19.

Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat, kenaikan bahan pokok yang kerap terjadi menjelang dan selama bulan Ramadhan cukup menimbulkan kekhawatiran di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang lemah akibat pandemi.

Untuk itu, guna membantu masyarakat yang membutuhkan agar dapat menjalankan ibadah Ramadhannya dengan baik,  Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggagas program "Ramadhan 2.0, Aksi Tanpa Batas".

Marketing Komunikasi ACT Babel, Shafia menjelaskan melalui program ini, ACT Babel mengajak masyarakat untuk turut serta saling membantu saudara-saudara yang membutuhkan terutama di bulan Ramadhan ini.

“Insya Allah kami akan terus menggaungkan aksi-aksi baik untuk membantu saudara-saudara kita menjalani ibadah di bulan penuh berkah ini, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Babel untuk saling membantu melalui berbagai aksi baik yang akan kami laksanakan," katanya.

Adapun berbagai aksi yang akan dilakukan selama bulan Ramadhan itu yakni yang paling utama adalah Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan (GSPR) yang ditujukan kepada masyarakat pra-sejahtera, santri dan yatim.

"Melalui aksi pangan ini insya Allah kita akan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, kita jadikan bulan Ramadhan ini momentum untuk saling membantu," katanya saat konferensi pers di Kantor ACT Babel, Jum'at (9/4/2021).

Tak hanya itu saja, ACT juga akan menjalankan berbagai kegiatan baik lainnya selama bulan Ramadhan diantaranya Iftar Ramadhan, Paket Bahagiakan Yatim dan Santri, serta ACT bersedia menerima siapapun yang ingin hendak membayar zakat fitrah, mal, dan Penghasilan yang mana nantinya akan di gunakan untuk memberikan paket sembako kepada dai dan guru honorer.

“Kami juga mengajak masyarakat semua untuk gerakan sedekah rutin setiap hari Rp 10 ribu per orang pada pagi hari, yang nantinya akan kita salurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Untuk teknis nanti akan ada grupnya, bagi yang mau bergabung dalam aksi baik ini, untuk sedekahnya nanti bisa melalui transfer rekening atau langsung datang ke kantor ACT," jelasnya.

Sementara itu, Head of Volunteers MRI, Arinda  mengungkapkan untuk mensukseskan program ini, ada ratusan relawan yang siap untuk bergerak dari mulai mendata, menyurvei dan juga assessment para penerima manfaat.

“Insya Allah kita dari kerelawanan di sini telah merekrut atau mengaktivasi 600 lebih relawan dan keterwakilannya di Pulau Bangka. Insya Allah kita akan mensukseskan aksi tanpa batas ini dan hari ini teman-teman sudah mulai bergerak," ungkapnya.

“Selamat bulan Ramadhan juga, kita akan melaksanakan Safari Ramadhan, dengan melibatkan  teman-teman relawan, komunitas serta remaja masjid, kita galakkan aksi baik atau positif kepada anak muda dibulan suci ini," sambungnya.

Selain bergerak mensukseskan program di bulan Ramdhan ini, Arinda menuturkan para relawan juga akan bergerak membantu saudara-saudara di NTT yang terkena musibah banjir.

"Kami sudah mengirimkan para relawan yang tersebar di 16 titik di Pulau Bangka untuk gerakan peduli banjir NTT ini, semoga kita bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada disana, harapnya. (BBR)


Penulis: Diko Subadya/*

Editor  : Kasmir