Raih Penghargaan Kabupaten Sehat, Ibnu Saleh Ingin Bangka Tengah Lebih Unggul di Masa Depan

kasmirudin
Raih Penghargaan Kabupaten Sehat, Ibnu Saleh Ingin Bangka Tengah Lebih Unggul di Masa Depan
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat menyerahkan penghargaan Kabupaten Sehat kepada Bupati Bangka Tengah, di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri Jakarta pada Selasa (19/11/2019). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, BABELREVIEW.CO.ID -- Ibnu Saleh kembali membawa Kabupaten Bangka Tengah berprestasi, kali ini dalam bidang kesehatan. Penghargaan Kabupaten Sehat yang diraih Negeri Selawang Segantang (Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat) tahun 2019 tersebut, diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Bupati Ibnu Saleh yang didaimpingi Riky Amanda, Ketua Forum Kabupaten Sehat Bangka Tengah, Dinas Kesehatan, Bapelitbangda serta bagian Humas Bangka Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri Jakarta pada Selasa (19/11/2019) itu turut dihadiri Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dan para gubernur/walikota/bupati peraih penghargaan.

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, untuk memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

Kemenkes mengatakan, kesehatan merupakan keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan atas lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan.

"Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat merupakan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif, agar masyarakat tetap sehat dan produktif,” ujar Kemenkes Terawan Agus Putranto.

Sementara itu Kemendagri menilai topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional, yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi.

"Berdasarkan hasil pleno antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan pada tanggal 15 Oktober 2019, telah kita sepakati untuk memberikan penghargaan kepada 177 kabupaten/kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan," ungkapnya.

Menyikapai penganugrahan penghargaan ini, Ibnu Saleh memberikan pesan kepada Dinas Kesehatan, Tim Kabupaten Sehat, bahwa penghargaan yang didapatkan hari ini merupakan hasil dari semangat bekerja dan kepedulian masyarakat dalam mengawasi pembangunan yang ditunjukkan dalam membangun Bangka Tengah Semakin Unggul.

"Penghargaan ini bukan untuk membuat kita lengah, melainkan sebagai pacuan kita untuk mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi lagi, baik dari bidang kesehatan ataupun dari bidang-Bidang lainnya yang dapat dicapai oleh Bangka Tengah kedepannya," pungkas Ibnu.

Penghargaan kategori ini menempatkan 6 kabupaten termasuk Bangka Tengah, pada tempat terbaik kedua dan kategori Swasti Saba Padapa. Ada enam kabupaten/kota diberikan secara simbolis yaitu Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Bangka Tengah, Kota Ternate, Kota Pangkalpinang, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Lubuk Linggau. (ADV/BBR)


Penulis  : Faisal                             
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review