Rapid Test dan Swab di Bangka Melebihi Target WHO

Ahada
Rapid Test dan Swab di Bangka Melebihi Target WHO
Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. (Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menegaskan sampai saat ini tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Bangka masih menerima surat pengecekan dari hotel maupun kampus untuk melakukan pengecekan protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu BPBD juga secara masif terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa titik lokasi tempat ibadah dan pelayanan.

Sementara itu dari dinas kesehatan sampai saat ini telah melakukan rapid test masal di 8 kecamatan dan tempat pelayanan kesehatan berjumlah sembilan ribuan, sedangkan untuk Swab sudah berjumlah 718.

"Apa yang telah kita lakukan ini, pencapaiannya sudah melebihi target yang ditetapkan oleh WHO yaitu 1 per 1000 penduduk, sedangkan di Kabupaten Bangka sudah mencapai 2.23 per 1000 penduduk," jelas Boy Yandra, Rabu (29/7/2020).

Kemudian, dinas BPBD terus bersinergi dengan Polres Bangka dan relawan Dalma melakukan penindakan disiplin penggunaan masker, baik yang ada di warung kopi  maupun di tempat keramaian lainnya.

Dia menghimbau bagi masyarakat yang masih belum menggunakan masker untuk segera mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Karena hal ini sangat penting untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.  Dimana menggunakannya masker merupakan langkah awal dalam memutus penularan, selain itu juga harus jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, di Kabupaten Bangka untuk menghindari cluster dari perkantoran, bagi ruangan kerja yang menggunakan AC agar untuk membuka ventilasi udara dan pintu seketika ada orang yang melakukan aktivitas didalamnya.

"Kami menghimbau agar apa yang telah disampaikan ini untuk dilakukan di setiap perkantoran yang ruangan kerjanya menggunakan AC, karena hal itu harus dilakukan agar sirkulasi udara yang ada didalamnya berjalan dengan lancar," tukasnya. (BBR)
Laporan: ibnu w