Rayakan HUT ke 22, Justru Pemuda Ini 'Menghadiahkan' Darah

Ahada
Rayakan HUT ke 22, Justru Pemuda Ini 'Menghadiahkan' Darah
Aldo melakukan donor darah di di UTD RSUD Basel di Desa Gadung Toboali, Jumat (17/7/2020) siang sekitar pukul 14.00 WIB. (Ist)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Hari ulang tahun menjadi hari yang membahagiakan bagi semua orang.

Rasa syukur kehadirat Allah senantiasa terucap, baik dari seorang yang berulang tahun ataupun dari keluarga dan para kerabat.

Bahkan tidak jarang kebahagiaan menjadi lebih besar lagi, karena banyaknya kado ulang tahun yang bakal diterima oleh si empunya berulang tahun.

Tetapi agak berbeda dengan M Alfadjra Aldo Wahyuda ST. Justru pada hari ulang tahun yang ke 22 tahun ini Aldo --sapaan akrab Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka Selatan ini -- memberikan hadiah kepada orang lain.

Sehari setelah hari ulang tahun, Aldo membantu seorang ibu berusia 45 tahun yang menderita anemia.

Mendengar ada seorang yang membutuhkan darah, Aldo tanpa pikiri panjang langsung mendonorkan darahnya yang kebetulan sama dengan ibu yang membutuhkan darah tersebut.

"Saya bahagiah di hari ulang tahun ini, bisa membantu sesama yang membutuhkab darah," ujar lulusan Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung 2020 ini.

Sebenarnya bagi Aldo mendonorkan darah bukan hal yang baru.

Setidaknya sudah 22 kali Aldo menyumbangkan darahnya untuk sesama yang membutuhkan. Yang terbaru adalah sehari setelah perayaan HUT Aldo ke 22 ini.

Berbagi kehidupan. Inilah yang menjadi motivasi almuni SMKN 1 Toboali ini ikhlas mendonorkan darahnya.

Aldo melakukan donor darah di di UTD RSUD Basel di Desa Gadung Toboali, Jumat (17/7/2020) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Kembaran dari Aldi ini memang sudah tidak asing lagi bergelut dengan donor darah.

Aldo sudah akrab dengan PMI sejak menjadi Palang Merah Remaja (PMR) WIRA di SMKN 1 Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Bahkan Aldo pernah terpilih menjadi peserta Temu Karya Tingkat Nasional di tahun 2018 di Waduk Jatiluhur Jawa Barat.

Aldo terlahir kembar bersama Aldi pada hari Kamis (16/7/1998) lalu dari pasangan  orang tua MM Iskandar dan Sri Wahyuni.

Saat ini kembaran Aldo, yakni Aldi M Al Fadjri Wahyudi telah menjadi karyawan Bank Mandiri di Kota Toboali.

"Alhamdulillah kami telah memiliki generasi penerus yang kini sudah di perkenalkan dengan dunia kepalangmerahan sejak usia dini," ujar MM Iskandar, ayahanda dari Aldo dan Aldi ini.

Iskandar yang saat ini juga menjabat Ketua PMI Basel, mengakui bahwa mereka sekeluarga adalah pendonor darah golongan darah A plus.

Ketiga anak lelakinya merupakan pendonor darah aktif yang terdata di PMI Basel.

"Termasuk istri saya juga sebagai pendonor darah aktif. Selain itu istri saya juga mempunyai  program Pengrekrutan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) yang menjabat sebagai Kabid Donor Darah sukarela di PMI Bangka Selatan," tukas Iskandar. (BBR)
Sumber: MM Iskandar