Rehabilitasi Lingkungan, PC SNNU Tebar Rumpon di Laut Bangka

Kasmirudin
Rehabilitasi Lingkungan, PC SNNU Tebar Rumpon di Laut Bangka
Ketua PC SNNU Kabupaten Bangka, Lukman SH. (ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Sejumlah titik unit rumah ikan atau rumpon rencananya akan ditenggelamkan dan ditebar oleh PC Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Kabupaten Bangka.

Penebaran rumpon tersebut, sebagai upaya untuk merehabilitasi lingkungan dalam rangka peningkatan hasil tangkapan ikan nelayan tradisional daerah karena melihat saat ini jangkauan nelayan dalam proses mencari ikan.

"Penenggelaman rumpon kali ini merupakan penyebaran rumah ikan yang pertama dan merupakan program yang akan rutin dilakukan di perairan Kabupaten Bangka," kata Ketua PC SNNU Kabupaten Bangka, Lukman SH saat ditemui di  sela-sela acara kerja sama dengan Polman Babel, Sabtu (22/5/2021).

Ia mengatakan, penenggelaman rumpon di laut Bangka ini merupakan bagian dari komitmen dan kewajiban  SNNU Bangka dalam melestarikan lingkungan laut di kawasan Kabupaten Bangka.

Ini merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan kita bersyukur dan beruntung, karena Bangka Belitung memiliki sumber daya alam bijih timah dan ikan yang banyak serta memiliki keindahan pantai yang indah," ujarnya.

Menurut dia, berdasarkan data dan koordinasi dengan Pemprov Babel, produksi ikan nelayan daerah ini mengalami peningkatan. Artinya, meskipun aktivitas tambang berjalan tetapi tidak mengganggu aktivitas penangkapan ikan nelayan daerah ini

"Kita berharap dengan adanya pembuatan rumah ikan ini, dapat membantu ekonomi nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di tengah gelombang tinggi disertai angin kencang yang membahayakan keselamatan nelayan," ujarnya.

Adapun dalam proses penebaran rumpon di laut Bangka ini rencananya memilih lokasi di daerah kawasan Pulau Simbang atau Pulau Tiga.

Untuk proses penebaran rumpon pada tahap pertama ini rencananya 3 unit akan dituntut sekitar Pulau Tiga, dengan ukuran besar dibantu dengan kapal nelayan tradisional sekitar.

"Oleh karena itu diharapkan untuk semua pihak menyokong dan mendukung baik itu dari stakeholder dan pengusaha yang bergerak di bidang perikanan membantu serta menyokong program ini berjalan lancar," tutupnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir