Replika Sembahyang Rebut Diserbu Pejabat dalam Pawai di Sungailiat

kasmirudin
Replika Sembahyang Rebut Diserbu Pejabat dalam Pawai di Sungailiat
REPLIKA – Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama sejumlah pejabat ikut berebut makanan yang digantung di replika sembahyang rebut yang dibawa PAKIN di pawai HUT ke 73 RI di Sungailiat, Rabu (29/8/2018). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT BABELREVIEW-- Pemuda Agama Konghucu Indonesia (PAKIN) Kabupaten Bangka, hadir dalam pawai perayaan HUT ke 73 Republik Indonesia dengan membawa atribut replika untuk sembahyang rebut, Rabu (29/08/2018).

Replika tersebut dibuat dari kayu berbentuk segi empat yang diberi berbagai macam makanan seperti snack, sayuran, mie instan dan lainnya. Dan makanan itu untuk direbutkan oleh penonton, rebutan ini bermakna untuk berbagi rezeki kepada masyarakat sekaligus untuk hiburan.

Pihak PAKIN Kabupaten Bangka meminta kepada Bupati Bangka dan Wakil Bupati Bangka untuk ikut serta dalam rebutan itu. Pada saat acara rebutan tersebut juga diikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra bersama istri ketua DPRD Kabupaten Bangka.

Dari ibu-ibu hingga anak-anak tampak antusias untuk ikut mengambil berbagai makanan yang telah digantung. Terlihat sangat seru sekali saat terjadi rebutan makanan yang mereka inginkan.

Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka yang saat itu melakukan tugas pengamanan, membantu peserta anak-anak untuk mendapatkan makanan yang digantung.

Makanan yang didapat oleh para pejabat tersebut, kemudian dibagikan kepada anak-anak yang ada disekitar panggung kehormatan.

Menurut kepercayaan Umat Konghucu, biasanya sebelum puncak pembakaran Patung Tai Se Ja atau Dewa Akhirat pada saat Sembahyang Rebut dilakukan acara perebutan aneka bakanan yang sudah disiapkan oleh pihak Panitia Chit Ngiat Pan.

Bupati Kabupaten Bangka H Tarmizi Saat mengatakan ucapan terima kasih atas partisipasi PAKIN dan Wanita Konghucu Indonesia Kabupaten Bangka dalam karnaval indah tahun ini.

Selain itu PAKIN juga menampilkan replika Kelenteng Fuk Tet Che. Salah satu anggota PAKIN Kabupaten Bangka Riko berharap kedepannya bisa membangun replika itu. (BBR)


Penulis :  Ibnu
Editor   :  Kasmir
Sumber  :Babelreview