Resmikan Bank Sampah, Mulkan Timbang Sendiri Sampah Rumah Dinas

kasmirudin
Resmikan Bank Sampah, Mulkan Timbang Sendiri Sampah Rumah Dinas
Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan SH melakukan Meresmikan Bank Sampah “Setara” di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Senin ( 8/4/2019 ). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Mulkan SH MH, meresmikan Bank Sampah ‘Setara’ pertama Kabupaten Bangka  di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Senin (8/4/2019).

Pada saat peresmian, bupati Bangka langsung memerintahkan ke rumah dinas untuk mengumpulkan sampah dan ditabung, sesuai dengan nilai sampah yang didapat.

“Ini agar menjadi contoh, kita harus duluan melakukannya," kata Mulkan kepada wartawan sambil menunjukkan tabungan sampah rumah dinas bupati Bangka.

Upaya mengurangi sampah di Pemkab Bangka pun digiatkan dengan salah satunya pembukaan Bank Sampah yang berada di Dinas Lingkungan Hidup ini, dengan aturan pemberlakuan nilai sampah sesuai tarif yang ditentukan pengelola.

Mulkan menegaskan, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Saya akan sanksi tegas bila ada ASN yang buang sampah sembarangan," tegasnya.

Sampah dari rumah dinas bupati pun menjadi nasabah awal dan bupati sendiri yang menimbang sampah yang memiliki nilai ekonomis, seperti sampah botol kemasan dan lain-lain.

Menurutnya, sampah berasal dari diri sendiri, sehingga diperlukan kesadaran sendiri untuk mengaturnya.

Bupati sedikit miris dan khawatir dengan kebiasaan masyarakat Bangka, yang kurang peka dengan kebersihan dan terkesan melempar permasalahan ke pemerintah tanpa ada peran serta masyarakat.

 

Halaman selanjutnya


Penulis : Ibnu 
Editor   : Kasmir
Sumber :  Babel Review