Resmikan Bank Sampah, Mulkan Timbang Sendiri Sampah Rumah Dinas (2)

kasmirudin
Resmikan Bank Sampah, Mulkan Timbang Sendiri Sampah Rumah Dinas (2)
Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan SH melakukan Meresmikan Bank Sampah “Setara” di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Senin ( 8/4/2019 ). (Foto: Ibnu)

“Terkadang ada yang buang sampah dari motor pakai lempar, demikian juga ada yang dari mobil. Padahal kotak sampah sudah disediakan," ujarnya.

Dengan adanya bank sampah ini, Mulkan berharap kesadaran masyarakat tumbuh. Karena melihat prilaku pemimpin dan para ASN di Pemkab Bangka, sehingga Bangka kembali meraih Adipura dan edaran presiden untuk mengurangi sampah hingga 30 persen tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bangka, Ir Meina Lina menguraikan jika Bank Sampah ini merupakan inisiasi Dinas Lingkungan Hidup sebagai motor penggerak. Agar tumbuhnya Bank Sampah lain di Kabupaten Bangka.

Bank sampah ini pun dibuka untuk mengurangi beban kerja pemungut sampah. Kemudian memilah sampah yang masih bernilai ekonomi.

"Bank Sampah bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah yang akan diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA)," jelasnya.

Harga yang ditetapkan di Bank Sampah ini pun relatif bervariasi , mulai dari sampah botol plastik dengan harga Rp 2.000 per kilo, koran bekas dengan nilai Rp550 per kilo hingga sampah alumunium yang mencapai Rp7.600 per kilo.

“Dengan adanya Bank Sampah Setara ini, kesadaran masyarakat tumbuh bila sampah pun bernilai guna," pungkasnya. (BBR)

 

Halaman sebelumnya


Penulis : Ibnu 
Editor   : Kasmir
Sumber :  Babel Review