Resmikan Program Internet Desa Pasir Garam, Bupati Algafry: Ini Sejalan dengan Program Kita

Irwan
Resmikan Program Internet Desa Pasir Garam, Bupati Algafry: Ini Sejalan dengan Program Kita

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID — Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meresmikan program Internet Desa Menuju Era Digitalisasi Desa yang digagas oleh Pemdes Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (8/3/2021).

Peresmian ini ditandai dengan pelepasan dua burung dara oleh Bupati Bateng Algafry dan Kepala Desa Pasir Garam Munzilin.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti internet memang sangat bermanfaat dalam menunjang kinerja khususnya di perdesaan.

Dengan adanya jaringan internet, masyarakat desa dapat mencari berbagai informasi di berbagai bidang dengan lebih cepat.

Apalagi keinginan pemerintah pusat untuk membangun indonesia dari desa, tentunya perlu dukungan berbagai sektor salah satunya perkembangan dibidang teknologi informasi.

Hal ini lah yang menjadi perhatian Kepala Desa Pasir Garam Munzilin. Akses internet yang agak sulit dikarenakan biaya yang cukup tinggi mengilhami Munzilin untuk membuat terobosan bagi masyarakat desa Pasir Garam agar bisa mengakses internet dengan mudah dan murah.

Apalagi penggunaan internet di tengah kondisi pandemi saat ini sangat penting khususnya bagi anak-anak sekolah untuk mengikuti pembelajaran daring.

"Seperti kita ketahui sepanjang 2020 di Bangka Tengah termasuk Indonesia secara umum, banyak kegiatan dilakukan dengan sistem online, dari mulai rapat kantor hingga belajar online bagi anak sekolah. Saya yang kebetulan juga aktif di komite sekolah, mendapat banyak keluhan emak-emak karna harus beli paket sekolah untuk anak-anaknya, tapi alhamdulillah dipertemukan dengan bapak Yanuar dari Artha Media dan jadi lah kegiatan kita hari ini launching internet desa,” ujar Munzilin.

Program Internet Desa ini, diungkapkan Munzilin bekerjama dengan PT. Artha Media Selaku penyedia jasa internet.

Bersyukurnya, antusias masyarakat cukup tinggi dengan program internet desa. Bahkan baru satu bulan berjalan, sebanyak 20 pelanggan sudah bersedia untuk berlangganan.

"Alhamdulillah sudah berjalan sebulan, sudah ada 20 pelanggan dari sekolah, pengusaha dan beberapa warga, omset selama bulan Februari ini mencapai Rp 6 juta. Dengan kehadiran Internet ini, semoga bisa memberi manfaat banyak kepada masyarakat termasuk bisa menghemat pengeluaran biaya internet. Mudah-mudahan Bangka Tengah bertambah unggul,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Algafry mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah desa (pemdes) Pasir Garam dalam menyediakan akses internet bagi masyarakat, ini sejalan dengan program yang dicanangkan dirinya dan Wakil Bupati Baten, Erfian saat kampanye yakni setiap rumah harus bisa akses internet.

Dirinya berharap dengan peresmian internet Desa Pasir Garam menjadi langkah awal untuk mensukseskan program in,i sehingga setiap masyarakat di Bangka Tengah bisa mengakses internet.

"Selamat dengan launching ini, harapan kami semua desa bisa terjangkau internet biar masyarakat kita bisa belajar dari internet. Tapi tak dipungkiri selain dampak positif ada juga dampak negatif dari internet. Karenanya tergantung dengan kita bagaimana memanfaatkannya, harapan saya bapak dan ibu harus melek teknologi agar bisa juga memantau anak-anaknya saat mengakses internet,” terangnya. (BBR)

Laporan: Kevin

Editor: Irwan