Ribuan Honorer Pemkab Basel Akan Dipangkas

Kasmirudin
Ribuan Honorer Pemkab Basel Akan Dipangkas
Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid. (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Untuk mengevaluasi terhadap kinerja para tenaga honorer, Bupati Bangka Selatan (Basel), Riza Herdavid didampingi Wakil Bupati, Debby Vita Dewi mengumpulkan ribuan tenaga honorer di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (17/3/2021).

“Pemkab sengaja mengumpulkan para honorer untuk memperbaiki kebijakan, sebelumnya terkait adanya pemangkasan 30 persen tenaga honorer yang ada di Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dikarenakan kondisi keuangan daerah, " ungkap Riza Herdavid.

Diakui Riza, dirinya bersama wakil bupati ingin menyelamatkan semua tenaga honorer yang ada dengan merubah surat edaran kebijakan sebelumnya yang menurutnya tidak pro rakyat.

Namun, sambungnya sebagai pemerintah daerah wajib mengevaluasi kinerja para tenaga honorer.

“Banyak kejadian yang di luar nalar kami selaku pemerintah daerah. Kebijakan sebelumnya terkesan seperti yang malas dapat gaji, yang rajin juga dapat gaji. Akibatnya pemborosan terjadi, dan yang rajin pun ikut terkena imbasnya.Untuk itu kami akan memperbaiki sistem itu semua," tegasnya.

Lebih lanjut Riza menambahkan, dirinya telah mengambil kesimpulan untuk memanggil seluruh tenaga honorer termasuk yang sebelumnya diberhentikan dan pihaknya akan membayar gaji tenaga honorer dari bulan 1 sampai bulan tiga dengan nominal yang berkurang yakni Rp 1,2 juta sampai Rp 1,3 juta.

“Keputusan ini harus saya ambil, karena bagaimana pun harus saya pedulikan dulu, sebentar lagi puasa dan lebaran. Itu hanya akan berlaku sampai akhir bulan saja, lagi-lagi masalah keuangan," ucapnya.

"Ke depan saya akan membersihkan terlebih dahulu orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam bekerja, yang menyebabkan honor-honor yang rajin ini terkena imbasnya, " tegas Riza.

Diakuinya, pemangkasan tenaga honorer tetap dilakukan, namun tidak sampai 30 persen.Sebetulnya evaluasi yang tidak rajin saja, jadi kebijakan 30 persen itu tidak akan diambil. Makanya ia meminta waktu untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang akan dikerjakan, agar tidak ada yang kecewa dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

“Saat ini ada sekitar 2800 tenaga honorer yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. Untuk itu per tanggal 1 April nanti akan dilakukan seleksi ulang terhadap tenaga honorer namun untuk yang sudah bekerja di atas 10 tahun akan diprioritaskan, " sebutnya. (BBR)


Penulis: Andre

Editor  : Kasmir