RKY : UMKM Itu Harus Diperhatikan Bukan Hanya Jadi "Komoditas Politik"

Kasmirudin
RKY : UMKM Itu Harus Diperhatikan Bukan Hanya Jadi
Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rudi Kurniawan Yahya. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rudi Kurniawan Yahya, menyikapi permasalahan  program untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) di Kota Pangkalpinang yang dinilai belum efektif.

Menurut RKY sapaan akrabnya ini menyebutkan, seharusnya UMKM itu didampingi dari hulu hingga ke hilir, bukan hanya jadi komoditas politik seseorang di sosial media saja, karena tidak jelas arah kemana UMKM ini.

"Kalau hanya program endorse di sosial media, selegram pun mampu,” tegas RKY.

Politisi Demokrat ini menambahkan, saat ini produk UMKM sangat butuh bantuan pemerintah secara nyata, apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, memberi tantangan lebih bagi para UMKM yang merupakan sektor pendukung pertumbuhan perekonomian daerah.

"Bukannya memberi pelatihan digital marketing atau pemasaran online, ini hanya dijadikan daftar antrian status sosial media tanpa ada peningkatan ketrampilan pelaku UMKM,” ucapnya.

RKY menuturkan, pemerintah seharusnya hadir memberikan peningkatan ketrampilan kepada para pelaku UMKM, agar lebih mampu bertahan dan bersaing di tengah pandemi saat ini.

Kemudian, kehadiran waralaba minimarket atau retail modern di Kota Pangkalpinang ini  juga seharusnya bisa menjadi salah satu market para UMKM.

“Contohnya seperti membuka akses permodalan, pelatihan bisnis plan, manajemen usaha, manajemen keuangan, pengemasan maupun pemasaran. Dengan hadirnya retail seharusnya memberi ruang bagi para UMKM kita untuk memasarkan produk,” ucapnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa/*

Editor   : Kasmir