Rudianto Sebutkan Ciri-Ciri Ketua DPRD Babel Pengganti Didit, Mungkinkah Adet Mastur?

Ahada
Rudianto Sebutkan Ciri-Ciri Ketua DPRD Babel Pengganti Didit, Mungkinkah Adet Mastur?
Pengurus DPP PDIP, Rudianto Tjen. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pasca Kursi Ketua DPRD Babel ditinggal Didit Srigusjaya yang mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bangka Tengah di Pilkada Serentak 2020, sampai saat  ini kursi milik PDIP tersebut masih kosong.

Sejumlah nama pun mulai santer terdengar untuk mengisi tampuk kepemimpinan sebagai Ketua DPRD Babel, hingga 2024 mendatang.

Namun perhatian utama kini tertuju kepada dua orang dengan peluang yang bisa dikatakan sama-sama kuat yakni Herman Suhadi yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Babel dan Adet Mastur, seorang kader PDIP yang telah dua periode duduk di DPRD Babel.

Pentolan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Rudianto Tjen mengungkapkan pihaknya memiliki berbagai kriteria untuk mengisi kursi Ketua DPRD ini.

Ia menuturkan, kriteria pertama yang diharapkan pihaknya yakni sosok yang secara internal bisa mengayomi semua fraksi yang ada di DPRD Babel.

Selain itu, secara eksternal dapat memberikan arahan pada anggotanya agar bisa bekerja maksimal kepada masyarakat bisa membawa DPRD dekat dengan rakyat.

"Benar kita ada persyaratan pokok, selain mengutamakan posisi ketua, sekretaris dan bendahara (DPD/DPC), yakni minimal pernah satu periode duduk di DPRD. Yang baru mungkin nanti lah, belajar dulu," ujar Rudi kepada awak media di Pangkalpinang, Senin (19/10).

Meski demikian, Rudi menegaskan keputusan siapa yang nanti akan menjabat sebagai ketua DPRD tetap berada di tangan DPP melakukan penilaian fit and propertes, test psikologi dan wawancara kandidat.

"Selain itu kita juga mempertimbangkan catatan khusus dari tiap tingkatan baik DPD dan DPC untuk kandidat tersebut. Karena kita ingin mendapat sosok yang terbaik untuk masyarakat," tuturnya.

 "Kita targetkan secepatnya bisa terisi, mungkin selesai pilkada, tapi kita juga melihat kondisi pandemi ini," pungkasnya. (BBR)
Laporan: diko