Safari Ramadhan, Kapolda Sebut Pentingnya Menjalin Silaturahmi

kasmirudin
Safari Ramadhan, Kapolda Sebut Pentingnya Menjalin Silaturahmi
Kapolda Babel Brigadir Jenderal Polisi Drs. Syaiful Zachri, MM beserta Komandan Korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman dan Bupati Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, saat buka bersama di Masjid Baitul Hikmah Muntok, Sabtu (2/6/2018).(foto:buditio)

MUNTOK,BABELREVIEW -- Masjid Baitul Hikmah Muntok, Kabupaten Bangka Barat menjadi tempat pelaksanaan Safari Ramadhan Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Kedatangan Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Polisi Drs. Syaiful Zachri, MM beserta rombongan dan juga Komandan Korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman disambut oleh Bupati Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, dan OPD Bangka Barat di Masjid Baitul Hikmah Muntok, Sabtu (2/6/2018).

Acara yang dimulai dengan mendengarkan tausiyah dari Kepala Kantor Kementerian Agama Bangka Barat, H. Abdul Rohim, S.Ag.,MH, yang menyampaikan tausiyah tentang ketaqwaan serta kewaspadaan terhadap paham radikal yang dikhawatirkan dapat timbul di masyarakat. Sehingga pentingnya komunikasi antar instansi yang ada untuk mendeteksi kemungkinan tersebut.

Setelah menunaikan shalat maghrib berjamaah, acara dilanjutkan pemberian tali asih kepada anak yatim, purnawirawan/warakawuri, dan bantuan kepada masjid Baitul Hikmah Muntok.

Kapolda dalam sambutannya, menekankan pentingnya menjalin tali silaturahmi. Karena di dalam ajaran agama Islam diajarkan tentang manfaat silaturahmi. Salah satunya adalah agar dimudahkan rezekinya.

"Begitu pula Kepolisian akan mendukung setiap kegiatan pemda, agar dapat mensukseskan program pemerintah. Karena bupati, camat, dan kades merupakan kepanjangan atau melaksanakan program-program pemerintah pusat. Apa yang telah dicanangkan itu harus sukses sampai ke desa-desa, dimana dana desa triliyunan rupiah sudah digelontorkan dan itu harus sukses. Ini harus sama-sama kita amankan," ujar kapolda.

Kapolda menekankan juga menekankan tentang pentingnya pemahaman yang benar terhadap ajaran agama, dimana peran serta alim ulama sangat penting dalam memberikan pemahaman agama untuk menangkal radikalisme.

“Kewaspadaan dan keprihatinan bagi kita semua terhadap paham radikal. TNI dan Polri bertekat tidak takut dengan ancaman terorisme dan siap mengorbankan jiwa raga untuk membela NKRI. Diharapkan masyarakat tidak takut karena jika kita bersatu kita dapat mengalahkanya. Peran serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokominda), dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), diharapkan ada langkah kongkret dengan membuat program dan dimasukkan dalam anggaran kegiatan. Agar lebih bisa mengantisipasi dan mendeteksi paham radikal tersebut. “ tegasnya.(BBR)


Penulis :Buditio
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview