Satpol PP Bangka Amankan Tomat yang Mengandung Pestisida

kasmirudin
Satpol PP Bangka Amankan Tomat yang Mengandung Pestisida
Tim Dinas Pangan bersama Satpol PP Kabupaten Bangka, saat melakukan pengawasan dan pemeriksaan bahan pangan, Sabtu (21/7/2018) di Pasar Rakyat Petaling.(Foto:Ibnu) 

SUNGAILIAT, BABELREVIEW --  Dinas Pangan bersama Satpol PP Kabupaten Bangka, melakukan pemeriksaan terkait bahan pangan di Pasar Petaling Kecamatan Mendobarat, Sabtu (21/7/2018).

Pada kesempatan ini tim melakukan pemeriksaan terhadap sayuran dan ikan. Dan hasilnya tim menemukan buah tomat yang dijual pedagang mengandung pestisida.

Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman mengatakan, informasi yang didapat dari salah satu pedagang, tomat yang mengandung pestisida tersebut dibelinya dari Pasar Pangkalpinang. 

Diduga tomat yang dijual pedagang dari Desa Petaling ini didatangkan dari luar Kabupaten Bangka, dan diminta untuk tidak menjual tomat tersebut.

"Penelitian ini dilakukan menggunakan detection kit khusus saat pengetesan zat pestisida. Dan ditemukan buah tomat positif mengandung pestisida dengan dosis tinggi. Jika warna tester tidak berubah, maka dipastikan positif dan jika berubah warna biru hasilnya negatif," terangnya.

Selain tomat ada beberapa sampel sayuran yang juga diperiksa seperti kacang panjang, pare, timun, sawi, wortel dan juga berbagai jenis ikan. Namun semuanya negatif mengandung zat berbahaya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Suherman menghimbau, agar distributor atau petani jangan menyemprotkan pestisida ke  sayuran atau buah-buahan  yang sudah mau dipanen. Pestisida ini kalau sudah meresap ke dalam buah atau sayur akan menjadi racun. 

"Kita tetap melakukan pembinaan, karena pedagang tidak tahu tapi jangan lagi menjual atau membeli dari agen yang diduga menjual tomat mengandung  pestisida," tegasnya.

Tim dari Dinas Pangan dan Satpol PP juga sudah melakukan pemeriksaan di tiga pasar yakni Pasar Kite Sungailiat, Pasar Higienis Air Ruai dan Pasar Rakyat Petaling. (BBR)


 

Penulis :Ibnu
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview