Satu Lagi Tambahan Pasien Positif, Kini Total 36 Pasien Covid-19 di Babel

diko subadya
Satu Lagi Tambahan Pasien Positif, Kini Total 36 Pasien Covid-19 di Babel
Foto Ist

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Jumlah Pasien positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus bertambah. Secara beturut selama 3 hari belakangan selalu ada penambahan angka positif di Babel setiap harinya.

Berdasarkan Data yang diterima, Penambahan angka Pasien positif Covid-19 tertinggi selama 3 hari ini terjadi di Kota Pangkalpinang dengan total 4 Pasien, disusul Kabupaten Bangka 2 pasien dan Kabupaten Bangka Tengah 1 pasien.

Kasus terbaru hari ini, Kamis (21/5) berdasarkan data yang diterima Gugus Tugas Covid-19 Babel satu pasien dinyatakan positif yakni seorang Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang.

"Tadi siang, Bapak Maulan Aklil selaku Walikota sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang  sudah menyampaikan terkait hal itu kepada wartawan, dari data yang kami terima, pasien terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini adalah salah seorang Kepala OPD di Pemkot Pangkalpinang, inisial A, laki-laki, usia 55 tahun, warga Kota Pangkalpinang," kata Juru Bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno, di Pangkalpinang, Kamis (21/5/2020).

Hasil ini diketahui berdasarkan pemeriksaan Swab PCR Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes, Jakarta.

Lanjut Andi, dengan tambahan kasus baru dari Pangkalpinang ini, Tercatat Kamis (21/5) jumlah pasien terkomfirmasi positif Covid-19 di Babel sebanyak 36 orang, dengan rincian Pangkalpinang 7, Bangka 5, Bangka Selatan 2, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 2, Belitung 4, dan Belitung Timur 1 orang.

Sementara update perkembangan Covid-19 di Babel berdasarkan data yang dihimpun Babelreview.co.id dari Saat ini jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) di Babel ada 1298 dimana dalam proses pemantauan ada 407. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 993 dimana dalam proses pemantauan sebanyak 10, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 89 dimana dalam proses pengawasan ada 10 orang.

Lebih lanjut, Andi mengimbau dan mengharapkan, untuk saling bekerjasama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol Covid-19.

" Tidak ada pilihan, tidak bisa tidak, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama seluruh Gugus Tugas Kabupaten dan Kota khususnya masyarakat Babel untuk terus memperkuat kolaborasi serta menghindari polarisasi yang kontraproduktif dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

"Kita harus disiplin, harus terus memastikan bahwa Protokol Covid-19 betul-betul kita jalankan, bukan saja demi menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang terdekat kita dari virus Corona yang mematikan, tapi juga ikut membantu meringankan beban para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan dengan tidak menambah jumlah pasien yang terpapar dan harus dirawat", pungkasnya. (BBR)


Laporan Diko Subadya