Ratusan Orang di Kabupaten Bangka Lakukan Rapid Test Massal, Dua Orang Hasilnya Reaktif

Ibnuwasisto
Ratusan Orang di Kabupaten Bangka Lakukan Rapid Test Massal, Dua Orang Hasilnya Reaktif
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Tim BPBD Provinsi Bangka Belitung bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung dan BPBD Kabupaten Bangka terus melakukan rapid test masal untuk masyarakat, Selasa (19/5/2020) dilaksanakan di Kecamatan Riau Silip.

Pada kesempatan ini, rapid test masal gratis diikuti oleh 357 orang dan semua hasilnya dinyatakan nonreaktif. Dan pemeriksaan rapid test masal itu dilaksanakan di gedung serba guna Kecamatan Belinyu.

"Pelaksanaan rapid test masal ini sudah dilakukan di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, yang pertama di Kecamatan Merawang dengan jumlah 139 orang dan 1 orang dinyatakan reaktif hasil rapid testnya. Kedua dilakukan di Kecamatan Pemali berjumlah 144 orang dan semua hasil rapid testnya dinyatakan nonreaktif, kemudian yang ketiga di Kecamatan Sungailiat berjumlah 271 orang dan satu orang dinyatakan reaktif hasil rapid testnya. Dan yang keempat kita lakukan di Kecamatan Riau Silip pada hari ini," terangnya, Selasa (19/5/2020).

Saat ditanya mengenai tindakan yang dilakukannya terhadap pasien yang dinyatakan hasil rapid testnya reaktif, Boy Yandra menerangkan sudah memberikan himbauan agar orang yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri.

"Dan kita juga sudah mengambil swab terhadap orang yang dinyatakan reaktif itu, dan sekaligus juga dilakukan swab kepada orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung terhadap pasien," jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya berharap mudah-mudahan hasil swab kedua orang yang mengikuti pemeriksaan rapid test masal beberapa hari yang lalu hasilnya negatif.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar menjalankan perintah dari pemerintah pusat dan daerah. Gunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, lakukan social dan physical distancing, lebih banyak diam dirumah, dan yang terakhir jangan lupa untuk berdoa semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan kita selalu diberikan kesehatan," tutupnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review