Sebelum Masuk Lapas, Enam Tahanan Polres Bateng yang Sudah Inkrah Wajib Rapid Test

faisal
Sebelum Masuk Lapas, Enam Tahanan Polres Bateng yang Sudah Inkrah Wajib Rapid Test
Tahanan Rutan Polres Bateng Saat Dilakukan Pengecekan Suhu Tubuh. (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Jumlah tahanan Polres Bangka Tengah kini sudah melebihi kapasitas atau overload sejak adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Informasi yang dihimpun oleh Babel Review, hingga Senin (15/6/2020) Rutan Polres Bangka Tengah mengalami over kapasitas tahanan mencapai hingga 42 orang.

Kasat Tahti Rutan Polres Bangka Tengah Aipda Dedi Sudrajat atas seizin Polres Bangka Tengah AKBP Slamet Adi Purnomo mengatakan kalau 6 tahanan diantaranya sudah ingkrah sehingga langsung diserahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

"Ada 6 tahanan yang sudah ingkrah dan langsung kita kirimkan ke Lapas setelah mendapatkan surat edaran dari Menkumham,"ujarnya.

Namun sesuai syarat yang dimintai pihak Kemenkumhan, setiap lapas yang sudah ingkrah, harus terlebih dahulu mengkuti rapid test sebelum dimasukan kedalam lapas

"Sekarang sudah ada kelonggaran untuk pengiriman tahanan yang sudah ingkrah, namun harus rapid test terlebih dahulu,"terangnya.

Aipda Dedi menjelaskan, Rutan Polres Bateng saat ini menampung 70 persen tahanan kepolisian dan 30 persen tahanan kejaksaan dari seluruh total tahanan yang belum ingkrah.

"Sebelumnya untuk menanggulangi kondisi rutan yang overload, tahanan sudah kita oper ke tiap Polsek-Polsek,l dan saat ini seluruh tahanan masih dalam tahap penyidikan,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor    : Admin03