Sebut Petani Padi Sebagai Pahlawan Pangan, Doni Sarankan Inovasi Minapadi

Kasmirudin
Sebut Petani Padi Sebagai Pahlawan Pangan, Doni Sarankan Inovasi Minapadi
Bakal calon wakil bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Doni Indra ikut langsung menyaksikan acara panen raya padi di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Senin (31/8/2020). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Bakal calon wakil bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Doni Indra ikut langsung menyaksikan acara panen raya padi di Desa Rias, Kecamatan Toboali, yang digelar oleh bakal pasangan calon Rina Tarol - Doni Indra.

Doni Indra mengaku kagum dengan para petani padi di Basel, khususnya di Desa Rias yang terus bekerja keras dalam menanam padi.  Sehingga menjadi mata pencaharian utama para petani padi.

"Menanam padi tak hanya berdampak pada perekonomian para petani padi itu sendiri. Melainkan juga berdampak bagi kestabilan pangan masyarakat Basel khususnya dan Babel umumnya, " katanya, Senin (31/8/2020).

Tak hanya itu, lanjut Doni, dirinya mengajak para petani padi untuk terus mengembangkan usahanya dengan inovasi - inovasi baru.

"Banyak hal yang bisa jadi inovasi petani padi, misalnya dengan mengintegrasikan lahan sawah yang dimiliki dengan ikan atau yang dikenal dengan minapadi, " katanya.

Menurutnya, jika irigasi sawahnya lancar maka minapadi bisa dicoba oleh para petani.Mengingat banyak keuntungan yang didapat dengan minapadi.

"Misalnya, dengan minapadi sedikit banyaknya penggunaan pupuk bisa ditekan. Ikan yang membuang kotoran di lahan sawah tersebut bisa menjadi pupuk tersendiri bagi tanaman padi," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya dengan minapadi para petani juga bisa mengurangi hama seperti ulat dan serangga. Ikan yang dipelihara di sawah akan terus bergerak dan banyak menyentuh tanaman padi yang membuat hama - hama tadi jatuh.

"Biasanya ikan lele atau nila yang cocok untuk minapadi. Jika ikan tersebut sudah bisa dipanen maka bisa dikonsumsi sendiri dan bisa meningkatkan tingkat kesadaran mengonsumsi ikan, " katanya.

Menurut Doni,  adanya minapadi juga bisa menjadi penghasilan tambahan para petani yakni dengan menjual ikan tersebut.

“Jadi tak ada salahnya mencoba Minapadi mengingat keduanya saling menguntungkan,” pungkasnya. (BBR)


Penulis : Andre

Editor   : Kasmir