Sebut Pilih Debby Sebagai Kesalahan, Ranto : Pilkada Harus Pertimbangkan Track Record

Ahada
Sebut Pilih Debby Sebagai Kesalahan, Ranto : Pilkada Harus Pertimbangkan Track Record
Ranto Research and Consulting, Ranto S.Ip

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID --Partai pemenang Pilpres dan Pileg 2019 yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memang telah mengumumkan nama Bakal Pasangan Calon yang akan maju pada Pilkada Basel 2020 beberapa waktu lalu.

Riza Herdavid yang merupakan Ketua PAC Toboali berhasil mengalahkan Rina Tarol yang sebenarnya kader lama partai besutan Megawati tersebut, begitu juga dengan Debby Jamro yang bukan kader berhasil mengalahkan Sipioni H Sarian Yon yang juga kader lama untuk posisi bakal calon wakil bupati.

Hal ini membuat pendiri Ranto Research and Consulting, Ranto SIp berpendapat.

" Kesalahan pertama PDI P adalah ketika gagal menyelesaikan konflik internal. Ada dua opsi semula yang ditawarkan, Riza Herdavid-Sipioni dan Rina Tarol-Doni Indra. Jika pertimbangan utama dlm mencalonkan kandidatnya berdasarkan hasil survei, maka sudah dipastikan pada kurun waktu juni-juli 2020 maka paket Rina-Doni unggul jauh dari Riza-Siponi, " katanya.

Semula, lanjutnya nama Deby sebagai calon wakil bupati tidak ada dalam radar internal PDIP.

" Seiring perjalanan waktu, sejumlah keinginan elit politik PDIP di Babel ingin memasangkan Rina Tarol-Riza Herdavid.Tapi proposal ini tidak disetujui oleh Rina Tarol. Terjebak dalam ego masing-masing maka PDIP melangkah dengan penuh keraguan ketika mengeluarkan rekomendasi untuk Riza-Deby, " sebutnya, Sabtu (15/08/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, mengapa dikatakan penuh keraguan karena PDIP kembali harus kerja dari nol untuk membangun ketokohan kandidatnya yang diusung agar bisa memenangkan pilkada basel 2020.

" Kalau yang dicalonkan adalah Rina maka pekerjaan PDIP cukup hanya bertahan saja, artinya tidak perlu lagi disibukkan dengan membangun pencitraan untuk meyakinkan pemilih di Basel, " bebernya.

Menurutnya, dipilihnya Deby sebagai calon wakil bupati dari PDIP merupakan kesalahan yang kedua.Momentum politik seperti pilkada ini harus mempertimbangkan track record kandidat yang diusung.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Basel, Erwin Asmadi enggan berkomentar banyak saat dikonfirmasi terkait pernyataan Ranto.

" Tidak perlu ditanggapi, yang jelas rekomendasinya sudah diturunkan, " katanya.

Terakhir ia mengatakan, buat apa berpolemik.Yang penting Aksinya.Riza Herdavid-Debby didukung PDIP, PBB, dan PPP. (BBR)
Laporan: andre