Sebut Sungailiat Mulai Rapi, Wali Kota Pangkalpinang Siap Sinergi dengan Pemkab Bangka

Irwan
Sebut Sungailiat Mulai Rapi, Wali Kota Pangkalpinang Siap Sinergi dengan Pemkab Bangka
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama istri

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Resmikan Galeri Kampung Rafika Duri, Bupati Bangka Mulkan menerangkan jika galeri itu akan menjadi salah satu tempat untuk menampung atau membeli hasil produksi olahan rumahan masyarakat.

Pasalnya, pelaku UKM maupun IKM masih merasa kebingungan dalam menjual atau memasarkan hasil olahannya. Dengan ada sarana ini akan mempermudahkan bagi wisatawan dan masyarakat dalam mencari keanekaragaman makanan.

"Di Galeri Rafika Duri ini masyarakat tidak akan susah lagi mencari makanan untuk oleh-oleh maupun yang lainnya, karena yang dijual disini sudah terjamin baik dari segi kualitas, mutu, kebersihan maupun dari tingkat kehalalan produknya. Dalam hal ini, tugas pemerintah tidak hanya menyediakan sarana saja tetapi bagaimana menjadi peran sebagai pendorong, pembeli dan menampung daripada hasil produk para pelaku UKM dan IKM," paparnya, Rabu (3/3/2021).

Ia menambahkan, pemerintah juga harus bisa menyediakan modal agar masyarakat salah satunya dengan memberikan dana KUR dengan bunga nol persen. Menurut Mulkan, hal itu akan memberikan suatu keringanan kepada pelaku UKM dan IKM agar bisa mengembangkan dan mendorong usaha yang telah dijalani.

"Gedung yang kami jadikan galeri ini sebelumnya tidak termanfaatkan secara maksimal, dan ini harus bisa dima dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat luas. Pengelolaan awal akan di bawah naungan Disperindag dan nanti akan diperbantukan dari ibu-ibu. Dengan kedatangan Walikota Pangkalpinang di acara ini nantinya bisa memberikan kisi-kisi apakah masih ada kekurangan yang harus ditambah, nantinya kami akan sama-sama saling mereferensikan tamu yang datang ke Bangka untuk membeli produk UKM baik yang ada di Pangkalpinang maupun yang ada di Kabupaten Bangka," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Akil mengatakan jika dirinya pernah selama dua belas tahun tinggal di Sungailiat dan sudah menjadi kampung halaman.

"Kabupaten Bangka setelah dipimpin oleh Mulkan, Sungailiat mulai berbenah yang dulunya semrawut kini sudah mulai rapi, contohnya di Hutan Kota dan Gedung Juang. Mudah mudahan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka ke depan bisa terus bersinergi untuk membangun Bangka Belitung menjadi jauh lebih baik," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan