Segera Kembali Beroperasi, PT Walitampas Gelar Sosialisasi

kasmirudin
Segera Kembali Beroperasi, PT Walitampas Gelar Sosialisasi
PT Walitampas menggelar sosialisasi kepada masyarakat Desa Perlang, tentang akan kembalinya beroperasi perusahaan itu, Kamis (9/8/2018). (foto:Andre)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW -- Kecamatan Lubuk Besar menggelar sosialisasi kepada masyarakat Desa Perlang di gedung serba guna Kecamatan Lubuk Besar tentang izin dan akan beroperasinya PT Walitampas Citratama, Kamis (9/8/2018).

Dalam sosialisasi tersebut isinya pihak perusahaan menjelaskan telah memiliki surat izin menambang pasir kuarsa di daerah itu.

Pada kesempatan itupun, perusahaan menjanjikan bantuan dana CSR yang akan mereka berikan ke masyarakat Desa Perlang, serta mengupayakan terserapnya tenaga  kerja dari masyarakat sekitar dan meningkatnya perekonomian.

Camat Lubuk Besar Irwandi mengatakan, bahwa mereka sebelumnya telah menerima surat permohonan dari pihak perusahaan untuk meminta difasilitasi pertemuan antara warga Desa Perlang dengan pihak perusahaan.

"Perusahaan sudah mengantongi enam Surat Izin Usaha Pertambangan (SIUP) dan selama beroperasi kerap kali membantu dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan di Desa Perlang. Kita melihatnya semoga ada asas manfaat pihak perusahaan, karena pemerintah mendapat pajak, adanya lapangan pekerjaan, CSR kepada masyarakat, BUMD menjadi berkembang, perekonomian daerah semakin meningkat," tutur Irwandi, Kamis (9/8/2018)

Ia menambahkan,  perusahaan yang akan melakukan operasi pasir kuarsa sebelumnya sempat berhenti dan kembali lagi akan berjalan setelah mendapatkan izin.

"Kita telah menerima surat PT Walitampas minta difasilitasi dan melakukan sosialisasi untuk kegiatan ini. Berdasarkan surat kami tindak lanjuti untuk melaksanakan, disini kami tidak akan mengambil keputusan. Ini akan berjalan atau tidaknya, kami disini hanya mensosialisasikan," terangnya

Sementara itu Direktur PT  Walitampas Citratama, Irwan menjelaskan dihadapan masyarakat yang hadir, secara ringkas apa saja izin dan pajak yang akan diberikan oleh pihak perusahan terhadap Desa Perlang.

"Kita disini untuk memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Karena apabila berjalan nanti akan berdampak pada multiplayer efek. Kegiatan  ini kami harap masyarakat berfikir jernih, dengan akan jalannya usaha penambangan pasir kwarsa ini," ucapnya

Dalam sosialisasi itu, dilaksanakan juga tanya jawab antara warga dengan narasumber serta perusahaan. Terdapat beberapa pendapat dan perdebatan terjadi, pada akhirnya akan diputuskan pada musyawarah Desa yang akan dilaksanakan di lain waktu.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, kepala UPT ESDM Bateng , Dinas Lingkungan Hidup Bateng , Kapolsek Lubuk Besar, Kades Perlang, dan masyarakat Desa Perlang. (BBR)


Penulis  : Andre
Editor   :  Kasmir
Sumber  :Babelreview