Selama 2019 Terjadi 222 Kali Kebakaran di Pangkalpinang

kasmirudin
Selama 2019 Terjadi 222 Kali Kebakaran di Pangkalpinang
Plt Kasat Pol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang, Susanto. (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pangkalpinang, mencatat dari Januari hingga Oktober 2019 tercatat ada 222 kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kota Pangkalpinang.

Hal tersebut disampaikan Plt Kasat Pol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang, Susanto saat ditemui pada Jumat (4/10/2019) siang.

Susanto juga mengatakan, saat ini selama kejadian karhutla setidaknya menghanguskan sekitar 50 hektare lahan.

"Upaya pencegahan kita selalu bersosialisasi dengan masyarakat, kita selalu bekerja sama dengan TNI/Polri mengatasi kebakaran lahan di Kota Pangkalpinang," katanya.

Dikatakanya, peralatan yang dimiliki Damkar saat belum terpenuhi. Namun keterbatasan peralatan tidak menyulutkan semangat personel saat memadamkan api.

"Kedepannya kita anggarkan peralatan seperti baju dan sepatu tahan panas serta perlengkapan penunjang lainya. Selain itu kami juga salut dengan Kapolres Pangkalpinang yang telah menciptakan motor pemburu api," ujarnya.

Susanto juga mengimbau, kepada masyarakat Kora Pangkalpinang untuk tidak membakar lahan sembarangan.

"Kalau mau membakar lahan coba hubungi pihak Damkar atau kepolisian, jadi saat membakar bisa kita tunggu dan jaga bersama agar api tidak membakar lahan yang lain. Pada saat meninggalkan rumah periksa kembali alat-alat listrik, lilin, kompor gas, pastikan dalam keadaan tidak menyala," imbaunya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review