Semarakkan HUT ke 74 RI, Dinas P2KBP3A Bangka Gelar Lomba Permainan Tradisional

kasmirudin
Semarakkan HUT ke 74 RI, Dinas P2KBP3A Bangka Gelar Lomba Permainan Tradisional
Lomba mengejar bebek di dalam kolam berlumpur yang digelar warga lingkungan Yos Sudarso untuk memeriahkan HUT ke 74 RI, Minggu (18/8/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam menyemarakkan perayaan HUT ke 74 Republik Indonesia, Dinas P2KBP3A Kabupaten Bangka bersama dengan warga di lingkungan Yos Sudarso, Kelurahan Sungailiat menggelar berbagai acara lomba di Hutan Kontang, Minggu (18/8/2019).

Ketua Panitia Perayaan HUT RI  lingkungan Yos Sudarso, Eko Darwanto, menjelaskan ada beberapa lomba yang digelar untuk warga, diantaranya makan kerupuk, tarik tambang, gebuk bantal, panjat pinang, menangkap bebek dan lainnya.

"Lomba-lomba ini kita gelar selain untuk memperingati HUT RI, juga untuk mempererat silaturahmi antar warga Yos Sudarso serta memberi ruang ekspresi bagi anak-anak,” kata Eko.

Untuk gebuk bantal dan panjat pinang, digelar khusus dalam kolam. Peserta yang gagal panjat pohon pinang yang dilumuri sabun dan oli atau kalah gebuk bantal jatuh ke kolam berlumpur. Tak pelak, gelak tawa penonton pun pecah menyaksikan kelucuan aksi peserta.

Kelucuan juga terjadi saat lomba menangkap bebek. Peserta yang diwajibkan memakai corong minyak sebagai penutup wajah harus berjuang keras, hingga jatuh bangun mengejar bebek di kolam berlumpur hanya dengan melihat dari ujung corong.

Humas kegiatan, Boy Yandra menambahkan, perayaan HUT RI di Lingkungan Yos Sudarso juga menjadi ruang ekspresi anak-anak di tengah gempuran demam gadget saat ini.

"Saya harap kegiatan ini dapat mengingatkan kepada anak-anak jaman sekarang tentang permainan jaman dulu. Selain itu juga ingin memberikan sebuah gambaran, bahwa permainan tradisional tidak kalah menariknya dengan permainan gadget jaman sekarang," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu  
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review