Semarakkan HUT Kota Pangkalpinang, PPBI Gelar Kontes Bonsai

Kasmirudin
Semarakkan HUT Kota Pangkalpinang, PPBI Gelar Kontes Bonsai
Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang, Erwandy, saat menyaksikan kontes bonsai yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Pangkalpinang, di Pasir Padi Bay Waterpark, Jumat (11/9/2020). (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --  Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Pangkalpinang, menggelar kontes dan pameran bonsai bertemakan “Gebyar Bonsai Kota Beribu Senyuman Tahun 2020”.

Kegiatan itu juga untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke-263, yang berlangsung sejak Jumat (11/9/2020) hingga Minggu (13/9/2020) di Pasir Padi Bay Waterpark.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang, Erwandy menyebutkan, Pemkot Pangkalpinang terus memberikan dukungan yang dilakukan oleh PPBI Kota Pangkalpinang.

"Apalagi ini menyangkut edukasi terhadap lingkungan juga ada sisi ekonomi kreatif dan menciptakan inovasi-inovasi kreatifitas para penggemar dan pecinta bonsai," ujarnya.

Erwandy menyampaikan, dalam kompetisi menang dan kalah menjadi hal yang lumrah, yang terpenting kegiatan ini dapat membawa kebaikan untuk Kota Pangkalpinang. 

"Untuk bagi yang menang nanti, kami harapkan pada event selanjutnya lebih bagus lagi. Untuk yang kalah silahkan membenahi, agar dapat memenangkan pada event selanjutnya," harap Erwandy.

Sementara itu, Ketua PPBI Kota Pangkalpinang, Syamsul Hilal menyebutkan, kontes dan pameran bonsai terdiri dari tiga kumpulan di antaranya bonsai, kelapa mini dan bugenville.

"Tentu bonsai ini memiliki nilai ekonomi, sehingga membantu perekonomian. Karena memiliki daya jual cukup tinggi," ucapnya.

Syamsul mengatakan, jumlah peserta kontes dan pameran sebanyak 600 pot, serta diikuti seluruh kabupaten atau kota yang ada di Pulau Bangka.

"Kriteria untuk penilaian dari akar, pohon, ranting kematangan dahan  pohon dan tingkat kesuburannya, itu yang kami nilai," paparnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir