Dinas Pendidikan Bateng sudah Buka Pendaftaran PPDB TK/PAUD, SD, SMP TP 2020/2021

kasmirudin
Dinas Pendidikan Bateng sudah Buka Pendaftaran PPDB TK/PAUD, SD, SMP TP 2020/2021
Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sudah melakukan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat PAUD, SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021 meski masih dalam kondisi darurat Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar mengatakan, perbedaan pelaksanaan PPDB tahun ini dengan tahun kemarin adalah tanggal pelaksanaan. Biasanya pendaftaran dimulai setelah hasil UN (Ujian Nasional)/US (Ujian Sekolah) selesai dilaksanakan, tetapi dalam kondisi sekarang seleksi PPDB dilaksanakan sebelum UN/US sesuai dengan Permendikbud Nomor: 44 tahun 2019 dan Keputusan Bupati Bangka Tengah Nomor: 188.45/385/dindik 2020.

"Proses pendaftaran disarankan bagi orang tua atau wali untuk dilakukan secara daring (online) dari rumah dengan menghubungi pihak panitia satuan pendidikan masing-masing, dengan begitu tidak terjadi kerumunan massa saat proses pendaftaran PPDB," ujarnya, Sabtu (9/5/2020).

Dikatakannya, pendaftaran PPDB secara daring saat ini dilakukan oleh satuan pendidikan masing-masing di awal minggu pertama bulan Mei ini.

"Setelah proses pendaftaran, jenjang pendidikan PAUD dan SD melaksanakan proses seleksi hingga minggu pertama bulan Juni sedangkan SMP sampai minggu ke empat bulan Juni. Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran ulang serentak tanggal 2 - 10 Juli 2020, serta yang terakhir pengesahan penerimaan peserta didik sekaligus tanda hari pertama masuk sekolah pada tanggal 13 Juni 2020," terangnya.

Dalam melaksanakan tahapan PPDB, ia mengimbau untuk tetap mematuhi protokol Covid-19 dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

"Dalam pelaksanaaanya, kita tetap mengimbau agar masing-masing satuan pendidikan dapat menggunakan aplikasi PPDB sebagai media dalam penerimaan peserta didik, serta tetap mematuhi protokol Covid-19," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir