Siap-Siap New Normal di Pasar, Pemkot Akan Buat SOP dan Siagakan Petugas Medis

Ahada
Siap-Siap New Normal di Pasar, Pemkot Akan Buat SOP dan Siagakan Petugas Medis
Suasana jual beli di Pasar Hieginis (Best Cinema) Selindung Pangkalpinang, Rabu (17/6/2020). (IST)

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW.CO.ID --- Sampai saat ini, penyebaran Covid-19 di Kota Pangkalpinang masih aktif terjadi dan bahkan sepekan terakhir mengalami penambahan meski tidak signifikan.

Kendati demikian, Pemerintah Kota Pangkalpinang terus berupaya untuk menghidupkan kembali aktivitas pasar demi peningakatan perekonomian daerah dan masyarakat di tengah pandemi ini.

New Normal atau tatanan kehidupan baru akan muncul apabila sektor  perekonomian mulai kembali berjalan, seperti aktivitas jual beli, perdagangan, jasa dan lainnya.

Untuk mempersiapkan hal itu, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim kepada Babelreview mengatakan, dalam pelaksanan New Normal yang paling ditekankan adalah protokol kesehatan Covid-19.

"Protokol kesehatan Covid-19 diantaranya pembatasan jarak, penggunaan masker, dan mencuci tangan," kata dr Hakim.

Terkait persiapan penempatan tenaga medis di pasar, pihaknya belum membahas hal itu. Saat ini Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinamg sedang fokus untuk penanganan Covid-19.

"Apalagi kasus saat ini meningkat. Dengan adanya peningkatakan kasus ini, petugas medis kita fokuskan untuk nelakukan tracking, penyelidikan epidemiologi dan persiapan menangani pasien positif," katanya.

Namun kata dr Hakim, mengenai penangan prosedur protokol kesehatan di pasar, pihaknya akan menyerahkan ke kader-kader kesehatan Dinkes Pangkalpinang.

Lanjutnya, apabila ada daerah-daerah yang dianggap penting untuk menurunkan tenaga kesehatan, pihaknya akan menugaskan para tenaga medis.

"Tapi kita melihat situasi, kalau seluruh pasar kita tempatkan tenaga medisnya, tentu kurang," ungkapnya.

Pemkot sedang menyusun SOP..

  • Halaman
  • 1
  • 2