Sidak Pasar Jelang Nataru, Wagub Temukan Makanan Kadaluarsa dan Tak Memiliki Izin Edar

Irwan
Sidak Pasar Jelang Nataru, Wagub Temukan Makanan Kadaluarsa dan Tak Memiliki Izin Edar

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah memimpin sidak di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern di Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah, Selasa (24/12/2019) pagi.

Dilansir dari Humas Pemprov Babel, sidak dilakukan dalam rangka mengecek ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Turut serta dalam sidak tersebut, Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kadishub Babel, Jajaran Polres Pangkalpinang, Satpol PP dan instansi terkait lainnya.

Pasar yang jadi sasaran awal sidak adalah Pasar Pembangunan Pangkalpinang dan berakhir di Pasar Modern Giant, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Saat sidak, Wagub Fatah menanyakan langsung sejumlah harga kebutuhan pokok mulai dari daging sapi hingga bawang kepada para pedagang.

Fatah mengimbau kepada para pedagang tidak menaikkan harga menjelang Natal dan Tahun Baru, begitu pula dengan barang-barang yang dijual agar tidak ada yang kadaluarsa atau rusak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Babel Ahmad Damiri mengatakan, dalam sidak belum ditemukan harga komoditas kebutuhan pokok naik tinggi, karena stok cukup dan permintaan masyarakat masih stabil.

Akan tetapi tim menemukan beberapa makanan dan minuman kemasan yang rusak, kadaluarsa dan tidak memiliki izin edar.

Kadis Pangan juga mengimbau pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan barang sehingga dapat memicu kenaikan harga dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok. (BBR)