Sinergi TNI POLRI Siap Amankan Pemilu

Admin
Sinergi TNI POLRI Siap Amankan Pemilu
foto:Buditio

BANGKA BARAT, BABEL REVIEW -- Polres Bangka Barat menggelar Apel Gelar Pasukan Serentak Operasi Mantap Brata Menumbing-2018 di Lapangan Mako Polres Bangka Barat Jumat (22/3).  Gelar Pasukan yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini diikuti oleh unsur TNI, Polri dan instansi terkait dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilu 2019. Apel Gelar Pasukan Serentak Ops Mantap Brata Menumbing-2018 yang dilakukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 ini mengambil tema “Tingkatkan sinergisitas TNI - Polri dengan komponen bangsa lainnya dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri yang Kondusif”.

Dalam acara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara, PLT Bupati Bangka Barat, Markus. Acara Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Kapolres Bangka Barat, Waka Polres Bangka Barat, PLT Bupati Bangka Barat, Kajari Bangka Barat, Dandim 0413 Bangka Barat, para kepala dinas di jajaran Kabupaten Bangka Barat, KPU, Bawaslu dan ormas di Bangka Barat.

Tampak kendaraan operasional dan taktis yang akan dipergunakan dalam pengamanan Pemilu Serentak 2019 juga ikut ditampilkan di halaman Mako Polres Bangka Barat. “TNI – POLRi selaku institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya pemilu serentak 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu serentak tahun 2019,” ujar Plt Bupati Babar, Markus. Sementara itu Kapolres Bangka Barat, AKBP Firman Andreanto, SH, S.IK. M,Si, seusai acara menyampaikan bahwa melalui apel Gelar Pasukan dalam rangka menghadapi pemilu 2019 ini menunjukan bahwa jajarannya telah siap  bertugas mengamankan jalannya pesta demokrasi tahun ini.

Kami juga akan bersikap netral dan kemudian bila ada peristiwa  akan dilakukan tindakan secara proporsional dan tidak berlebihan.Semoga pemilu 2019 berlangsung aman,damai dan lancer tidak ada konflik yang menyebabkan perpecahan kesatuan NKRI,” UJARNYA.

Kapolres juga menambahkan  bahwa secara umum kondisi di Bangka Barat berlangsung sangat kondusif sehingga kondisi ini wajib dijaga.Adapun personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu 2019 kurang lebih 700 personel dan 1 peleton TNI.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0413 Bangka Barat Letkol Inf Bontor Karo-Karo.Secara pemetaan dapat di simpulkan bahwa kondisi di Bangka Barat kondusif dan bahwasanya kesiapan dalam menghadapi pemilu serentak 2019 sudah melalui berapa tahapan dan hari ini merupakan gelar pasukan yang dilakukan secara serempak se-Indonesia. “Besok juga akan dilakukan gelar pasukan di level kecamatan secara serentak. Hendaknya segala komponen yang ada dapat menjaga suasana kondusif ini,”himbau Dandim.(BBR)


Penulis : Buditio
Editor   : Sanjay
Sumber :Babel Review