Siswa SD dan SMP di Pangkalpinang Ikuti Ujian Sekolah Tatap Muka

Irwan
Siswa SD dan SMP di Pangkalpinang Ikuti Ujian Sekolah Tatap Muka
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang Eddy Supriadi

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, pelaksanaan Ujian Sekolah (US) bagi siswa tingkat akhir Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah dimulai.

Pelaksanaan US ini berlangsung pada 19-23 April 2021 secara tatap muka, bagi seluruh SD dan SMP negeri atau swasta di Kota Pangkalpinang.

"Ini hari ketiga alhamdulillah berjalan lancar, anak-anak cukup antusias. Saat kita cek ke lapangan mereka sangat patuh baik datang maupun pulang sekolah, dengan menerapkan  protokol kesehatan,"kata Eddy. Rabu, (21/4/2021).

Eddy mengatakan, US ini dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran daring.

Sedangkan untuk siswa  SMP kelas 9, US ini sebagai salah satu dasar pertimbangan kelulusan.

"Untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun 2021 ini kan ditiadakan, ini salah satu dasar pertimbangan kelulusan siswa. US ini bukan penganulir kelulusan namun komponen nilai kelulusan sekolah," ujarnya.

Ia menyebutkan, US ini untuk mengukur parameter dan mengevaluasi keseluruhan hasil pembelajaran siswa selama di sekolah.

"Kelulusan merangkum berdasarkan portofolio, ulangan harian, pembelajaran daring, evaluasi daring dan sebagainya," katanya. (BBR)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan