SMAN 4 Pangkalpinang Juara 1 PWBS 2021, Berikut Ini Urutan Lengkap Para Juara

Irwan
SMAN 4 Pangkalpinang Juara 1 PWBS 2021, Berikut Ini Urutan Lengkap Para Juara

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --  SMA Negeri 4 Pangkalpinang akhirnya berhasil menjadi juara pertama Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah (PWBS) 2021.

Sekolah yang beralamat di Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang ini berhasil mengungguli sembilan finalis lainnya se tingkat SMA/MA/SMK se Bangka Belitung.

Setelah melakukan rapat di Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Senin (14/6/2021), Tim Juri PWBS 2021 yang terdiri dari Drs Yani Paryono MPd, Sophan Derriyan Lintang SS, Budi Rahmad SPd, Prima Hariyanto SS, dan Feri Pristiawan memutuskan SMAN 4 menjadi juara pertama PWBS 2021 tingkat SMA/MA/SMK Bangka Belitung.

Sedangkan untuk peringkat dua dan tiga, masing-masing diraih oleh SMAN 1 Namang Kabupaten Bangka Tengah dan SMAN 1 Gantung Kabupaten Belitung Timur.

"Setelah hampir satu minggu Tim Juri melakukan kunjungan ke 10 sekolah finalis PWBS 2021, maka kita bersepakat memutuskan SMAN 4 Pangkalpinang yang menjadi juara pertama. Tim juri cukup kesulitan menentukan juara pertama ini, karena ada tiga sekolah yang bersaing ketat. Namun setelah kita berdiskui dan mengumpulkan semua bahan penilaian, maka kita telah memberikan keputusan ini," ujar Koordinator PWBS Babel 2021, yang juga Ketua Tim Juri SMA/MA/SMK, Feri Pristiawan, Selasa (15/6/20210).

Sementara itu, untuk tingkat SMP/MTs, juara pertama diraih oleh SMPN 2 Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Tak jauh berbeda dengan penilaian tingkat SMA/MA/SMK, setelah melakukan penilaian langsung ke 10 sekolah finalis PWBS 2021 tingkat SMP/MTs se Bangka Belitung, akhirnya Tim Juri bersepakat memberikan nilai tertinggi diraih SMPN 2 Tanjungpandan.

Sementara untuk juara ke dua dan ketiga, masing-masing diraih oleh SMPN 3 Pangkalpinang dan SMPN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Dewan Juri untuk tingkat SMP/MTs ini antara lain Dwi Oktarina SS, Dodi Hendriyanto, Ahmad Sofa,  Pradipta Putra Prathama SS, dan Dewi Septi Kurnniawati SKom.

"Tidak berbeda jauh dengan penilaian tingkat SMA/MA/SMK, kita dewa juri juga telah melakukan rapat hari Senin (14/6/2021) di Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan penilaian awal dan ditambah penilaian kunjungan langsung ke 10 sekolah finalis, akhirnya kita sudah memutuskan para juara 1-10," jelas Koordiator Tim Juri Tingkat SMP/MTs PWBS 2021, Pradipta Putra Prathama.

Diakui Feri, saat Tim Juri melakukan penilaian langsung ke sekolah-sekolah yang masuk 10 besar, baik tingkat SMP/MTs maupun tingkat SMA/MA/SMK, banyak ditemukan hal-hal baru yang bisa menambah maupun mengurangi penilaian juri.

"Tetapi yang jelas kita bangga dengan para kepala sekolah dan para guru, bahwa mereka berkomitmen menempatkan Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan bahasa lainnya," tukas Feri.

Dijelaskan Feri tujuan kegiatan ini adalah mengajak SMP/Mts dan SMA/SMK/MA untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2020. 

Berdasarkan alasan itulah, kat Feri, Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan aksi nasional ini, untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat, sesuai dengan perintah UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. 

Jika pada tahun 2019, lomba atau penghargaan ini hanya ditujukan bagi sekolah negeri, kali ini kesempatan ini terbuka bagi sekolah negeri dan swasta. 

"Tentunya kami ucapkan selamat kepada sekolah yang meraih juara. Dan kita harapkan pihak sekolah berkomitmen untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan sekolah dan lingkungan luar sekolah," harap Feri.

Dijelaskan Feri, untuk pemberian pengghargaan kepada para sekolah yang meraih juara, akan dilakukan dalam waktu tidak lama dari hasil keputusan dewan juri ini.

"Kita usahakan dalam minggu-minggu inilah. Nanti akan kita hubungi sekolah-sekolah yang akan kita undang untuk menerima penghargaan PWBS 2021 ini," tukas Feri.

Berikut nama-nama sekolah yang disesuaikan peringkat 1-10 PWBS 2021.

Untuk tingkat SMA/MA/SMK:

1. SMAN 4 Pangkalpinang
2. SMAN 1 Namang
3. SMAN 1 Gantung
4. SMAN 1 Payung
5. SMAN 2 Tanjungpandan
6. SMKN 1Tanjungpandan
7. SMKN1 Belinyu
8. MAN Insan Cendekia
9. SMKN 1 Sungailiat
10. SMAN 1 Damar

Untuk tingkat SMP/MTs


1. SMPN 2 Tanjungpandan
2. SMPN 3 Pangkalpinang
3. SMPN 1 Manggar
4. SMPN 2 Muntok
5. SMPN 3 Tanjungpandan
6. SMPN 2 Pangkalpinang
7. SMPN 4 Tanjungpandan
8. SMPN 1 Belinyu
9. SMPN 2 Damar
10. SMPN 1 Kelapa Kampit. (BBR)