SMANSA Pangkal Pinang Kedatangan Siswa Sulawesi Utara, Tukaran Cinderamata Hingga Foto Bersama

kasmirudin
SMANSA Pangkal Pinang Kedatangan Siswa Sulawesi Utara, Tukaran Cinderamata Hingga Foto Bersama
Rombongan SMN Sulawesi Utara saat tiba di SMANSA Kota Pangkal Pinang, Senin (19/8/2019). (Foto:Ahada)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Sekolah SMA Negeri 1 Pangkal Pinang kedatangan tamu dari Provinsi Sulawesi Utara, Senin (19/8/2019).

Tamu jauh ini merupakan para pelajar se Kota Kendari Provinsi Sulawesi Utara. Sedikitnya 21 siswa SMA dan siswa SLB se Kota Kendari, lima guru pendamping dan perwakilan Dinas Pendidikan Sulawesi Utara serta beberapa pejabat perwakilan  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Timah Tbk. Kedatangan para siswa dari Kota Kendari ini dalam acara Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang didukung oleh Kementerian BUMN.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Peserta kegiatan adalah Pelajar SMA/SMK/SLB kelas XI sejumlah Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi tersebut (1 orang dari setiap Kabupaten/Kota). Untuk Provinsi yang mempunyai kurang dari 18 Kabupaten/Kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh Kabupaten/Kota. Dari seluruh peserta yang dikirimkan, ditambah 3 orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB.

Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yakni pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2019, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan. Peserta akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi yang ditunjuk (1 orang), Guru Teladan Tingkat Provinsi (2 orang) dan perwakilan BUMN PIC asal.

"Alhamdulillah kita bisa menyambut tamu kita dari Kota Kendari. Semoga saja kunjungan yang singkat ke SMAN 1 Pangkal Pinang ini bisa memberikan kesan positif kepada para pelajar dan pendamping dari Kota Kendari. Dan terutama mempererat tali silahturrahmi," ujar Siti Rofiko, Wakil Kepala SMAN 1 Pangkalpinang.

Dalam kunjungan ini, pihak SMAN 1 Pangkal Pinang menjelaskan secara singkat profil sekolah dan beberapa informasi terkait pendidikan dan sistim belajar dan mengajar yang diberlakukan di SMAN 1 Pangkalpinang. Kegiatan juga diwarnai dengan tukaran cindera mata antar kedua sekolah.

Pada waktu yang bersamaan ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mengirimkan sekitar 20 pelajar SMA se Babel ke Provinsi Sulawesi Utara dalam kegiatan serupa yakni Siswa Mengenal Nusantara.

Kegiatan siswa mengenal nusantara ini merupakan sebuah program yang sangat inovatif dan mempunyai gagasan yang sangat cemerlang oleh kementerian BUMN dimana dalam program ini siswa siswi senusantara dapat saling bertukar tempat dan saling mengenal satu sama lain daerahnya tersendiri.

Pada kesempatan kunjungan ke SMAN 1 Pangkal Pinang ini, rombongan SMN Provinsi Sulawesi Utara tersebut juga  ikut ambil bagian pada apel pengukuhan  Kontingen SMANSA dalamm rangka HUT Kemerdekaan ke 74  RI.  Pengukuhan ini dilakukan Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung DR H Zaidan SH MHum.

Acara kunjungan rombongan SMN Sulawesi Utara ini diakhiri dengan menampilkan yel yel sekolah dan atraksi dari kontingen  pawai, yang ditutup foto bersama.

"Kita berharap melalui acara seperti ini, akan bangkit kecintaan kita semua terhadap nusantara," tukas Siti Rofiko.

Usai kunjungan rombongan SMN Sulawesi Utara, kata Siti Rofiko, kegiatan di SMAN 1 Pangkalpinang tetap berlanjut, diantaranya menerima kedatangan Tim dari Lantas Polres Pangkalpinang, yang dipimpin langsung Kasatlantas Polresta Pangkalpinang. Tim ini melakukan penilaian ketertiban berkendaraan dan juga menilai orasi mengenai tertib lalulintas serta anti hoax di SMAN 1 Pangkalpinang. (BBR).


Penulis  : Ahada
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review