Sosialisasi Hingga ke Pelosok dan Pulau, Siasat KPU Bateng Kejar Target 77,5 Persen Mata Pilih

Kasmirudin
Sosialisasi Hingga ke Pelosok dan Pulau, Siasat KPU Bateng Kejar Target 77,5 Persen Mata Pilih
KPU Bangka Tengah saat melakukan sosialisasi pilkada kepada warga yang ada di Pulau Semujur. (Foto: KPU Bateng).

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terus melakukan upaya sosialiasi ke pelosok-pelosok hingga pulau guna partisipasi pemilih yang mencapai target.

Di dalam aturan PKPU, pasangan calon (paslon) atau Partai Politik (parpol) dilarang mengumpulkan massa sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Sehingga KPU inisiatif untuk terus melakukan sosialiasi pemilukada termasuk ke pelosok-pelosok dan pulau-pulau.

Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bateng, Muhammad Panjitiana mengatakan, Bangka Tengah memiliki wilayah yang beragam, mulai dari pelosok pesisir hingga pulau terpencil. Sehingga KPU berinisiatif melakukan sosialisas pemilukada sekaligus SOP datang ke TPS dengan tetap menerapkan protokol covid-19.

“KPU Bateng terus melalukan sosialisasi ke pelosok-pelosok dari wilayah perbatasan kabupaten hingga Pulau Nangka yang terletak di Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungaiselan dan Pulau Semujur di Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalanbaru," jelasnya.

Ia menyampaikan, untuk Pulau Semujur pihaknya mensosialisasikan informasi pemilu agar warga pulang untuk menggunakan hak pilih pada 9 Desember mendatang, berbeda dengan masyarakat Pulau Nangka yang memang diam dan berdomisili di pulau tersebut.

"Untuk masyarakat pulau yang menetap di pulau tersebut hanya ada di Pulau Nangka dengan jumlah mata pilih sebanyak 270 orang, tidak untuk pulau semujur. Karena masyarakat hanya singgah untuk bekerja," terangnya.

Terkhusus Pulau Nangka, KPU menyiapkan satu TPS berikut KPPSnya.

"Alhamdulillah saat ini semua berjalan dengan baik sesuai rencana, dengan strategi dor to dor ke setiap mata pilih, kita harapkan partisipasi masyarakat tetap tinggi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Terkait persentase mata pilih nantinya, Panji mengatakam belum ada kajian pasti, namun pihaknya memprediksi tetap akan melebihi target yang ditetapkan yakni  77,5%.

"Dalam pengawasan setiap tahapan, kami bersinergi dengan Bawaslu Bateng agar pilkada berjalan damai dan kondusif. Yang terpenting adalah kami seluruh stakeholder terkait berkomiten untuk terus melakukan sosoalisasi serta himbuan ajakan untuk kepada masyarakat untuk datang ke TPS pada Rabu  9 Desember mendatang  dengan menggunakan masker, membawa formulir C-Pemberitahuan dan KTP elektronik serta mentaati protokol kesehatan," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir