Srikandi Babel Wakili Indonesia di Kejuaraan Climbing World Cup di Jakarta

Irwan
Srikandi Babel Wakili Indonesia di Kejuaraan Climbing World Cup di Jakarta

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Satu atlet Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengikuti kejuaraan tingkat dunia atau Internasional Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup yang akan di selenggarakan pada tanggal 24-26 September di SCBD Park Jakarta.

Zulkarnain Alijuddin selaku Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Bangka Belitung menjelaskan kejuaraan yang akan di laksanakan di Jakarta nanti merupakan kejuaraan panjat tebing tingkat dunia yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan Jakarta sebagai tuan rumahnya.

"Kejuaraan ini nantinya akan memperlombakan dua kategori yaitu lead dan speed. Informasi yang saya dapatkan dari FPTI Official jika salah satu atlet putri yang bernama Nur Diatul Jannah yang ikut dalam kategori lead adalah putra daerah asal Babel dari FPTI Bangka Tengah," sebutnya, Selasa (20/9/2022).

Zulkarnain Alijuddin menambahkan apabila Nur Diatul Jannah kurang lebih dalam satu tahun ini sudah masuk dalam atlet Pelatnas. Dengan adanya Srikandi Babel yang ikut dalam kejuaraan world climbing itu, dirinya menaruh harapan jika hal ini bisa dijadikan suatu momentum untuk memacu bagi atlet panjat tebing lainnya agar terus melakukan pola latihan secara intens sehingga bisa menorehkan prestasi.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan nantinya akan muncul lagi atlet-atlet berprestasi dari Bangka Belitung yang bisa masuk dalam Pelatnas. Melihat adanya putra daerah yang bisa mewakili kejuaraan panjat tebing tingkat dunia, ia menilai jika olahraga panjat tebing di Babel di bisa dipandang sebelah mata.

"Atlet panjat tebing di provinsi ini kan sebenarnya sudah banyak yang menuai prestasi seperti di PON maupun tingkat Porwil, tapi saya sangat menyayangkan kenapa cabang olahraga panjat tebing ini tidak diperlombakan dalam ajang Porprov nanti. Sedangkan kami sudah memberikan solusi agar pertandingan panjat tebing bisa dilaksanakan di kabupaten lain, tapi tidak ditanggapi sama sekali oleh panitia penyelenggara," jelasnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2