Sudah Waktunya Promosi Wisata Berbasis Digital

Admin
Sudah Waktunya Promosi Wisata Berbasis Digital
Foto: Dok. Yuda Saputra

YUDA Saputra, dikenal sebagai seorang komedian dan komika Stand Up Comedy di Bangka Belitung, kini ia turut aktif dalam mempromosikan pariwisata. Dia juga merupakan seorang Bujang Berbakat pada pemilihan Bujang Dayang Kota Pangkalpinang tahun 2016. Profesi tambahannya yakni pramuwisata (tourguide) membuatnya begitu mencintai  bidang  pariwisata.   

      

Selain kegiatan diatas yuda juga  menjadi Ketua Harian Genpi. Hal ini membuatnya jauh lebih mencintai tanah kelahirannya ini. Genpi, Generasi Pesona Indonesia hadir dengan tujuan untuk memviralkan event atau objek wisata di Indonesia.

Berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia dan secara khusus menjadi asuhan Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Genpi diharapkan dapat memperkenalkan wisata ke luar daerah bahkan luar negri. Genpi merangkul anak-anak muda yang memiliki passion di bidang pariwisata dengan kemasan digital yang meliputi video, vlog, blog dan media sosial lainnya.

Sejak Desember tahun lalu Genpi resmi dibentuk. Bangka Belitung menjadi provinsi ke15 yang diresmikan dari seluruh Indonesia. Hingga kini, anggotanya berjumlah 68 orang tersebar di kota dan kabupaten di Bangka Belitung. “Saya mencintai keindahan alam dan budaya yang ada di Bangka Belitung ini. Sayang sekali jika potensi wisata yang kita miliki tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Promosi wisata untuk menarik wisatawan perlu digencarkan salah satunya lewat media sosial. Di era globalisasi ini, promosi wisata berbasis digital perlu dilakukan untuk menyasar wisatawan lokal maupun internasional,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk kemajuan pariwisata, salah satunya dengan membangun landmark yang bisa menjadi ciri khas daerah. Selain obyek wisata alam, kita juga perlu membangun obyek wisata buatan.

“Wisatawan akan dengan mudah tertarik untuk mendatangi daerah kita, jika memiliki keunikan tersendiri. Menjaga dan merawat keindahan alam juga tidak kalah pentingnya. Dengan tidak mengotori dan merusak obyek wisata, kita telah turut mendukung program pariwisata untuk jangka panjang,” imbuhnya.

Dia juga mengajak anak-anak muda Bangka Belitung untuk bersamasama memperkenalkan dan memviralkan event dan obyek wisata. “Dengan memafaatkan kecanggihan teknologi serta digitalisasi, kita dapat turut berkontribusi untuk kemajuan pariwisata dengan cara kreatif,” tuturnya. (BBR)


Penulis :Tamara D
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview