Suka Duka Jadi Tim Gugus Tugas Covid-19, Dokter Hakim: Harus Pandai Menjaga Irama

Ahada
Suka Duka Jadi Tim Gugus Tugas Covid-19, Dokter Hakim: Harus Pandai Menjaga Irama
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim. (Gusti/babelreview)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Menjadi Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang, telah mengajarkan dr Masagus M Hakim arti sebuah keikhlasan dan kesabaran.

Sebagai salah satu bagian dari Tim Gugus Tugas Covid-19, Dokter Hakim -- sapaan akrab Kepala Dinas Kota Pangkalpinang-- ini harus pandai menjaga irama.

Pasalnya kerja penanggulangan covid ini bukan kerja biasa. Seluruh kru yang terlibat dalam gugus tugas telah bekerja luar biasa.

Kepada jurnalis Babelreview yang berkunjung di Rumah Dinasnya di Tapuk Pinang Pura, Kamis (28/5/2020) sekitar pukul 16.30, Dokter Hakim menceritakan suka duka menjadi Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang.

Selama bertugas Dirinya merasa banyak yang tidak menghargai dan disalahkan, padahal sudah bekerja sesuai aturan.

"Kita juga berani menanggung risiko. Kita mengahadapi orang terkonfrimasi positif kemudian mendatangi keramaian untuk bersosialisasi dan melakukan rapid test massal," kata Hakim, yang mengaku sejak Kamis (28/5/2020) sudah berada di Kota Pangkalpinang.

Ia juga menuturkan, selama pandemi Covid-19 ini bekerja sampai malam, kemudian pada hari Sabtu dan Minggu juga tetap bekerja.

"Saya menganggap keadaan ini abnormal, tidak seperti biasa dan harus siaga 24 jam," ucapnya.

Dokter Hakim juga mengatakan, pihak keluarga sudah bisa memaklumi keadaan seperti ini, dimana harus menangani Covid-19 di Kota Pangkalpinang.

"Awalnya keluarga saya juga merasa takut. Tapi dengan diberikan masukan dan pemahaman akhirnya mereka bisa mengerti karena ini merupakan tugas dan pengabdian untuk masyarakat Kota Pangkalpinang," kata Hakim.

Mengenai Dirinya yang dikabarkan mudik ke Palembang, Dokter Hakim membenarkan dirinya ke Palembang, tetapi dalam melaksanakan tugas mengantar sampel swab ke BBLK Palembang, karena di Pangkalpinang belum bisa melakukan pemeriksaan PCR.

"Saya tidak mudik , saya di perintahkan Bapak Walikota untuk mengantar SWAB, sekaligus melakukan kerjasama dengan BBLK Palembang dalam hal pemeriksaan covid-19," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sejak Kamis (28/5/2020) dirinya sudah berada di Pangkalpinang.

"Tapi Saat ini belum masuk kantor, dan tetap di rumah mengikuti aturan dari Pemprov Babel," katanya saat ditemui, Kamis (28/5/2020). (BBR)
Laporan: Gusti Randa