Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Pemkab Bangka Lakukan Screening Pengambilan Darah

Irwan
Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Pemkab Bangka Lakukan Screening Pengambilan Darah
Bupati Bangka Mulkan lakukan screening pengambilan darah

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka menyukseskan vaksinasi Covid-19 yang rencananya dilaksanaan pada 15 Januari 2021, Pemkab Bangka melalui Dinas Kesehatan melakukan screening pengambilan darah kepada seluruh OPD.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra kepada Babelreview.co.id, Rabu (13/1/2021).

"Screening pengambilan darah hari ini diikuti oleh Bupati Bangka, Kejari Sungailiat, Perwira Penghubung Dandim 0413/Bangka, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Danramil 0413-6/Sungailiat, Wakapolres Bangka, Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka. Kemudian untuk Wakil Bupati Bangka dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka besok hari Kamis akan menyusul untuk melakukan screaning pengambilan darah," terang Boy Yandra.

Pasalnya, pengambilan darah atau screening itu dilakukan bertujuan untuk mendapatkan hasil apakah orang yang bersangkutan layak atau tidak untuk dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa untuk permulaan ada 10 orang yang diambil sampel darahnya oleh tim tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Depati Bahrin Sungailiat selaku ketua panitia.

Menurutnya, dari sepuluh orang itu nantinya akan ditentukan siapa yang akan melaksanakan pertama kali penyuntikan vaksin Covid-19.

Setelah itu, pemberian vaksin Covid-19 akan dilanjutkan kepada tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan.

"Kami berharap dalam pelaksanaan pemberian vaksin nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, jadi masyarakat tidak perlu takut dan ragu karena vaksin Covid-19 sudah ada ijin halal dari MUI," katanya.

"Selain itu, vaksin Covid-19 ini sudah mempunyai hak paten dari BPOM pusat dan EUA, jadi layak untuk disuntikkan kepada masyarakat. Kabupaten Bangka saat ini sudah siap untuk menyukseskan pelaksanaan vaksin Covid-19, semoga wabah Covid-19 semakin menurun dan kecil, sehingga Kabupaten Bangka kembali ke zona aman dan hijau," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan