Tahun Ini Pemkot Bangun 22 Unit Rumah untuk Warga Kurang Mampu

kasmirudin
Tahun Ini Pemkot Bangun 22 Unit Rumah untuk Warga Kurang Mampu
Kabid Perumahan Dinas Perkim Kota Pangkalpinang, Widyanto. (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pangkalpinang, pada tahun 2020 akan melaksanakan program Pembangunan Baru (PB) dan Peningkatan Kualitas (PK) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan warga tidak mampu, melalui bantuan biaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN dan APBD.

"Sebanyak 22 unit  rumah PB senilai Rp 69.5 juta per unit, 21 rumah PK senilai Rp 44.4 juta per unit tersebar di 7 kecamatan di Kota Pangkalpinang, yang bersumber dari APBD Kota Pangkalpinang," ujar Widyanto, Kabid Perumahan Dinas Perkim Kota Pangkalpinang, Rabu (28/1/2020).

Ia juga mengatakan, untuk tahun 2020 ini mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan Pemkot Pangkalpinang saat ini fokus mengubah wajah kota.

Menyiasati hal tersebut, Widyanto menyebutkan, Dinas Perkim mencari alternatif mencari alternatif pembiayaan lain dengan mencari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Sebagai informasi tahun ini, melalui mekanisme swadaya masyarakat, direncanakan sebanyak 99 unit rumah di 5 kelurahan akan diperbaiki bantuan dari DAK. Dengan nilai Rp 17.5 juta dengan rincian Rp 15 juta dalam bentuk bahan bangunan dan Rp 2.5 juta untuk upah. Program tersebut ditargetkan dikerjakan bulan Maret 2020," katanya.

Widyanto juga mengatakan, permasalahan perumahan menjadi salah satu program Pemkot Pangkalpinang dalam menciptakan senyuman program bedah rumah bagi masyarakat.

"Harapan kami, dengan adanya  program ini rumah tidak kayak huni di Kota Pangkalpimang menurun," ucapnya. (BBR)


Penulis  :  Gusti Randa
Editor    :  Kasmir
Sumber  : Babel Review