Warga Mendobarat Diimbau Tidak Melakukan Takbir Keliling, Kapolsek AKP Agus Minta Maaf

Ahada
Warga Mendobarat Diimbau Tidak Melakukan Takbir Keliling, Kapolsek AKP Agus Minta Maaf
Kapolsek Mendobarat AKP Agus Prasatiawan. (Ist)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID--Semarak perayaan Idul Fitri 1441 H di Kecamatan Mendobarat akan beda dari biasanya.

Pasalnya, di tengah pandemi wabah Covid-19, kegiatan penyambutan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di Kecamatan Santri tersebut dibatasi oleh peraturan social distancing.

Salah satunya adalah kegiatan takbir keliling yang lazim digelar pada malam lebaran. Tahun ini kegiatan tersebut dihimbau untuk tidak digelar.

"Menindaklanjuti hasil rapat Forkopimda yang digelar di Kantor Bupati Bangka, Selasa 19 Mei 2020,  menyepakati  mengimbau untuk tidak melaksanakan takbir keliling. Namun bisa menggelar takbir-takbir di masjid," ungkap Kapolsek Mendobarat AKP Agus Prasatiawan menjawab BBR, Rabu (20/05/2020).

Agus menyampaikan permohonan maaf yang mendalam kepada segenap warga muslim di Kecamatan Mendobarat terkait himbauan untuk tidak menggelar takbir keliling tahun ini.

"Kepada masyarakat Mendobarat saya sampaikan permohonan maaf untuk tahun ini takbir keliling ditiadakan dulu," ujar Agus.

Agus Khawatir kegiatan takbir keliling yang melibatkan massa yang cukup banyak tersebut sangat rentan terjadinya penyebaran virus Covid-19.

"Ini demi kenyamanan kita bersama dan sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terhadap pemberlakuan social distancing. Kita khawatirkan untuk giat tersebut (takbir keliling) akan menimbulkan massa yang cukup banyak sehingga rentan terpaparnya virus corona. Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga mengungkapkan, situasi kamtibmas di kecamatan yang berpenduduk 47.146 jiwa itu dalam keadaan kondusif.

"Alhamdulillah untuk saat ini kondusif. Untuk itu mohon bantuan masyarakat agar sama-sama menjaga dan melaporkan kepada kita setiap kejadian yang berkaitan dengan kamtibmas," harap Agus. (BBR)

Laporan: Ichsan Mokoginta Dasin