Tak Ingin Disalahgunakan, Kapolres Basel Periksa Senpi dan Surat Izin Pemegang Senpi Personel

Kasmirudin
Tak Ingin Disalahgunakan, Kapolres Basel Periksa Senpi dan Surat Izin Pemegang Senpi Personel
Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto SH, SIK, MH, memeriksa kondisi senjata api jajarannya, Kamis (26/11/2020). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) milik anggota untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin, dilakukan Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Agus Siswanto SH, SIK, MH pada Kamis (26/11/2020).

Kapolres AKBP Agus Siswanto mengatakan, pemeriksaan fisik senjata api adalah upaya menangkal pelanggaran disiplin yang bisa saja dilakukan personel Polri, khususnya personel Polres Bangka Selatan.

“Pemeriksaan senpi ini dilakukan rutin setiap bulan, serta sebagai upaya penyalahgunaan senjata api, " ungkapnya.

Menurut AKBP Agus, dirinya tidak ingin peristiwa penyalahgunaan terjadi di wilayah hukum Polres Basel, untuk itu pemeriksaan senpi dilakukan secara rutin maupun insidentil, dalam rangka pengawasan penggunaan senjata api atau dinas kepada anggota. Pemeriksaan khususnya terkait kondisi fisik senjata api masing-masing anggota.

“Adapun jumlah senjata yang diperiksa merupakan senjata api milik personel dan beberapa yang di gudang. Selain pemeriksaan senpi terhadap personel Polres Basel, juga dilakukan pengecekan Surat Izin Pemegang Senpi (SIPS) anggota masih berlaku atau sudah tidak berlaku, " imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, secara keseluruhan senpi yang dipegang anggota dalam keadaan bersih dan dilengkapi dengan surat izin pemegang senjata api dan masih berlaku.

“Senjatanya dalam kondisi baik, anggota yang mempunyai surat sebagai bukti sah memegang alat negara tersebut juga mengikuti pemeriksaan kejiwaan. Kegiatan ini dilakukan agar anggota yang pegang senjata tidak menyalahgunakan senjata tersebut saat bertugas, " pungkasnya. (BBR)


Penulis : Andre

Editor   : Kasmir