Tak Menyangka Jadi Juara Putri Model Muslimah Babel 2021, Ika Mohon Doa Melaju ke Nasional

Kusuma Jaya
Tak Menyangka Jadi Juara Putri Model Muslimah Babel 2021, Ika Mohon Doa Melaju ke Nasional
Putri Model Mslimah Babel 2021, Ika Agusti Rahayu (tengah), bersama para sahabatnya yang bernaung di Rumah Pelangi, saat menjadi tamu pada program 1 Jam Bersama Bang Doi di BN Radio Sungailiat, Sabtu (17/4/2021). (ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Tidak menyangka dan tak sempat bermimpi sama sekali. Begitu pengakuan Ika Agusti Rahayu.

Mahasiswa semester empat Fakultas Dakwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung ini terpilih menjadi juara Putri Model Muslimah Babel 2021, pada malam final yang digelar di Bangka City Hotel, di Pangkalpinang, pada Minggu (11/4/2021) lalu.

Ika mengaku, dengan fisik yang Ia sebut tidak secantik peserta lainnya, awalnya Ia tidak berharap lebih banyak dari ajang Putri Model Muslimah Babel 2021 tersebut.

Ternyata apa yang Ia ragukan tak terbukti. Justru para dewan juru PMM Babel 2021 mengamanahkan jabatan Putri Model Muslimah Babel 2021 kepada pundaknya.

Ika berhasil mementahkan persepsi banyak orang bahwa untuk menjadi juara putri-putrian hasruslah memiliki fisik yang sempurna.

"Terkejut sih. Tidak menyangka sama sekali. Kok saya yang dipilih dewan juri menjadi juara PMM Babel 2021," ujar Ika, sapaan akrab gadis kelahiran Kelurahan Rambak Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka ini.

Bagi Ika, terpilihnya Ia menjadi juara PMM Babel 2021, tentu saja membanggakan dan membuat Ia bahagia, namun sekaligus juga menjadi beban yang harus Ia kelolah secara baik.

Agar amanah sebagai Putri Model Muslimah yang baru saja disandang ini, mampu memberikan inspirasi positif kepada kalangan remaja dan generasi Muslim di Bangka Belitung.

"Memang ada beban yang harus saya kelolah secara baik dengan amanah yang saya dapat saat ini. Sebagai muslimah, saya tentu harus menunjukkan kepada teman-teman sesama muslimah maupun non muslim bagaimana seharusnya beraktivitas aklhlakul karimah," ungkap Ika, saat menjadi tamu pada program 1 Jam Bersama Bang Doi, di BN Radio, Sabtu (17/4/2021).

Gadis yang jago pidato ini berharap dirinya mampu memberikan inspirasi kepada remaja putri muslim bahwa tidak selalu fisik menjadi ukuran keberhasilan.

Cantik menurut Ika adalah bagaimana setiap pribadi muslimah mampu memberdayakan kelebihan masing-masing untuk kemaslahatan dirinya dan masyarakat sekitar dirinya.

Setiap manusia telah diberikan kelebihan dan keunggulan oleh Allah SWT, tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan memberdayakan kelebihan tersebut untuk kemanfataan bagi keluarga, sahabat, saudara dan masyarakat sekitar.

"Untuk saudara-saudaraku muslimah, tetaplah cantik hati dan cantik dalam aktivitasmu sehari-hari. Karena kecantikan itu bukan hanya dilihat dari fisik saja, tetapi sejatinya adalah karakter yang diterjemahkan dalam aktivitas sehari-hari yang memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Dan tentu karena kita adalah muslimah, setiap gerak yang kita lakukan selalu berpedoman kepada ajaran agama Islam," tukas Ika.

Karena terpilih menjadi juara pertama Putri Model Muslimah Babel 2021, maka Ika berhak mewakili Bangka Belitung ikut ajang nasional. Ika akan ikut berlaga di tingkat nasional pada bulan Juli 2021 mendatang.

Sembari menunggu ajang nasional ini digelar, Ika mengaku mulai menyiapkan diri, baik fisik maupun non fisik.

Ia mendapat bimbingan dan arahan dari Rumah Pelangi dan berbagai tokoh publik yang bersimpati dengan dirinya.

"Doakan Ya, dalam waktu yang hanya dua bulan ini, saya mampu menyiapkan diri yang terbaik untuk ikut ajang Putri Model Muslimah tingkat nasional. Insya Allah saya juga bertekad bisa mengharumkan negeri Serumpun Sebalai ini," ujarnya. (BBR)