Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin

Admin
Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin
Foto:Pras

SUNGAILIAT, BABEL REVIEW -- Sebuah tempat ibadah umat Budha dan Konghucu yang berada di kaki bukit sekitar enam km dari pusat Kota Sungailiat atau sekitar 44 km dari Bandara Depati Amir, tepatnya di Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Terdapat sebuah kolam pemandian alami yang sejuk dan segar dari sumber mata air yang mengalir dari atas bukit. Air tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh bagi mereka yang percaya.

Alkisah, kolam pemandian tersebut merupakan kolam tujuh bidadari yang dipenuhi dengan tumbuhan teratai, sebagaimana dilansir dari tamanbungaterataidewikuanyin.com. Tidak hanya itu, selain bisa beribadah dan mandi, di sini juga kita bisa minum air sumur alami, bersih, jernih dan segar yang mempunyai khasiat.

Dewi Kuan Yin dikenal sebagai "Ciu Khu Ciu Nan" atau dewi berparas cantik yang memiliki sifat penolong orang-orang yang sedang sakit dan menderita.

"Bila Sang Dewi berkenan kepada orang yang sakit dan menderita tersebut, keajaiban akan terjadi dalam waktu singkat, karena itu jauh-jauh orang mau datang ke Bangka hanya sekedar ke tempat Dewi Kuan Yin.

Menurut Hermanto Wijaya, pengelola Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin, taman ini telah mendapat kunjungan wisatawan asing dari 27 negara, di antaranya China, Amerika, Perancis, Inggris, Vietnam, Kanada, Jepang, Korea, dan Hongkong. Dari 27 negara tersebut pihaknya telah menerima kiriman bendera sebanyak 17 lembar dan akan dikibarkan untuk memeriahkan HUT tempat ibadah Dewi Kuan Yin 9 Agustus, dan acara besar lainnya.

Ketertarikan wisatawan asing maupun domestik datang ke Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin karena sumber air yang ada di dalamnya tidak mengandung timah, meskipun secara geografis Kepulauan Bangka Belitung identik dengan timah, namun berdasarkan tes secara ilmiah sumber air yang terkandung di tempat ibadah Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin dinyatakan sumber air mineral.

Masih dalam komplek Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin berdiri
sebuah Mushollah Baiturrohman dan Gereja Kasih Bunda. Diharapkan dengan adanya tiga tempat ibadah dalam satu kompleks ini dapat tetap menjalin kerukunan antar umat beragama yang ada di Provinsi Bangka Belitung dan dapat menarik wisatawan asing maupun domestik untuk menyaksikan tempat wisata religius tersebut.

Suasana di sekitar obyek wisata Dewi Kuan Yin cukup tenang dan nyaman. Sumur sedalam 1,5 meter itu dikelilingi beberapa kolam untuk mandi dan dihiasi taman bunga teratai yang indah dan kini menyebarkan aroma harum. Tak heran jika di sini sering dikunjungi oleh artis-artis terkenal di antaranya Titik Puspa, Dina Mariana, Puput Novel dan lain-lain.

Pengunjung ada yang datang perorangan, keluarga dan juga rombongan, termasuk yang terakhir kunjungan sepuluh biro perjalanan wisata (BPW) dari beberapa provinsi yang datang atas sponsor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung. (BBR)

 

Bakal Menjadi Taman Buah Teratai

HERMANTO Wijaya, owner Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Im mengatakan dalam lima tahun ke depan taman bunga teratai ini akan menjadi taman buah teratai karena berbagai tanaman buah yang kini mulai tumbuh seperti durian montong, sawo, pisang, mangga, belimbing, dan lainnya akan siap menyapa pengunjung sehingga orang bisa berwisata ke tempat ini tak sekedar beribadah tapi bisa membeli buah-buahan di sini sambil beramal.

“Tempat ini tetap kami rawat biar tetap menarik orang untuk berkunjung, termasuk juga dengan menanam aneka tanaman buah yang membuat tempat ini menjadi hijau dan asri dengan prinsip small is beautifull. Karena yang namanya pengunjung tentu ingin sesuatu yang baru sehingga di sekitar tempat ini akan dipenuhi tanaman buah dan nanti lima tahun ke depan taman bunga teratai ini akan menjadi taman buah. Kami bersyukur karena tetap ada travel yang membawa wisatawan datang ke sini.  Dan saya yakin pariwisata di Babel ini akan terus berkembang dengan bertambahnya obyek wisata baru,” ujarnya. (BBR)